BERITA BANJAR, RANCAH POST – Dengan semakin maraknya keberadaan kaum gay yang menjadi bagian dari LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender), R. Iwan Riswantara Suryakusumah, SE., Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Provinsi Jawa Barat, menghimbau agar Pemerintah Kota Banjar, mulai dari tingkat kecamatan hingga lingkungan RT/RW waspada.

“Sama halnya dengan kota-kota lainnya di Indonesia, tidak menutup kemungkinan kaum gay ini sudah ada di Banjar dan berkeliaran,” ujar Iwan.

Kaum gay ini, kata Iwan, kini sudah berani terang-terangan menampakkan mukanya dihadapan publik. Mereka juga membentuk sebuah komunitas dan ingin diakui sebagaimana manusia normal lainnya. Salah satu contohnya adalah rencana berkumpulnya kaum gay yang hendak menggelar sebuah pesta di sebuah hotel di Surabaya beberapa waktu lalu.

“Kami berharap seluruh elemen masyarakat meminimalisir merambahnya kaum gay ini. Ada kekhawatiran kaum gay ini meminta hubungan sesama jenis dilegalkan,” katanya.

Sementara itu, sebagaimana dipaparkan Agus Eka Sumpena, Asda II Pemkot Banjar, berdasarkan data yang dihimpun Komisi Penanggulangan AIDS Kota Banjar, ada sekitar 1000 kaum gay di Kota Banjar.

Jadi memang kaum gay perlu diwaspadai dan jangan sampai menjamur lebih banyak, karena tercatat berarti ada, bahkan punya komunitasnya di Banjar ini.

Share.

Leave A Reply