23.4 C
Ciamis
BerandaLifestyleTravelDestinasi Tempat Wisata Alam Solo Yang Menakjubkan

Destinasi Tempat Wisata Alam Solo Yang Menakjubkan

RANCAH POST – Solo, yang sering dikenal sebagai kota Surakarta ini memiliki banyak sekali keunikan dibandingkan dengan kota-kota yang lain. Salah satu yang membedakannya adalah unsur budaya Jawanya yang kental. Tidak hanya itu, Pemerintah Daerah Solo juga betul-betul memperhatikan potensi daerahnya, mulai dari budaya, kerajinan dan juga tempat wisatanya.

Banyak tempat-tempat wisata baru yang dibangun di kota Solo. Tidak hanya itu saja, tempat wisata alam Solo juga diperhatikan dan dijaga dengan baik. Sehingga semakin baik dalam fasilitas namun tanpa mengurangi keasrian dan kealamian dari wisata alam itu sendiri.

Ada banyak wisata alam yang terdapat di kota Solo, di bawah ini adalah beberapa tempat wisata alam Solo yang terkenal.

Grojogan Sewu Tawangmangu
Tempat wisata alam Solo yang pertama adalah Grojogan Sewu, dalam bahasa Indonesia, Grojogan artinya air terjun. Grojogan Sewu merupakan sebuah air terjun setinggi lebih dari 80 meter. Berada di dalam hutan lindung di Tawangmangu, di sekitar Grojogan juga dihuni satwa-satwa yang sudah jinak. Jadi selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga dapat berwisata seperti halnya di kebun binatang. Namun tentu saja tidak dapat semudah itu melihat satwa semudah di Kebun Binatang.

Goa Gong
Wisata alam Solo selanjutnya adalah sebuah panorama alam berbentuk goa dengan berbagai keunikannya. Dilihat dari namannya, Goa ini ada kaitannya dengan Gong. Memang ada sebuah keunikan dalam goa ini. Menurut cerita warga sekitar, goa ini sering mengeluarkan bunyi gong pada hari-hari tertentu. Yang paling sering terdengar pada hari Jum’at, dan konon katanya sampai saat ini fenomena ini masih sering terjadi.

Pantai Sembukan
Selain beberapa wisata alam di atas, Solo juga memiliki wisata alam lain yang bagus yaitu wisata alam pantai Sembukan. Pantai ini cukup terkenal di masyarakat Indonesia dan dunia, karena setiap tahunnya di pantai ini dilakukan ritual oleh Keraton Surakarta. Ritual itu bernama Lereng Ageng. Dengan adanya ritual ini semakin menambah popularitas dari pantai ini. Konon katanya Pantai Sembukan merupakan pintu ke 13 dari Kerajaan Ratu Kidul. Percaya ataupun tidak, memang seperti itu yang dipercaya warga sekitar.

Air Terjun Girimanik
Setelah Grojogan Sewu Tawangmangu, masih ada air terjun yang terkenal di Solo, yaitu air terjun Girimanik. Sebuah panorama alam yang sangat indah, sebuah air terjun dengan ketinggian 70 meter. Dan tidak jauh dari air terjun ini juga terdapat air terjun lain. Wisata alam Solo yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung karena keindahan dari air terjun yang sangat luar biasa, terlebih lingkungan sekitar yang sangat bersih dan mendukung keindahan wisata alam Air Terjun Girimanik di Solo.

Goa Kahyangan
Selain Goa Gong yang sudah dibahas di atas, di Solo juga terdapat sebuah goa yang terkenal, yaitu Goa Kahyangan. Konon Goa ini merupakan tempat semedi dari Raja Pertama Kerajaan Mataram Islam. Dan di atasnya adalah tempat pertemuan antara sang Rajadengan Nyi Roro Kidul, bagi Anda yang akan berkunjung ke sana dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Baik Anda percaya ataupun tidak percaya dengan cerita semacam ini, akan lebih baik jika menghargainnya.

Demikian adalah beberapa tempat wisata alam Solo, masih banyak sekali wisata alam di kota Solo yang belum dapat diekspos. Beberapa wisata Alam Solo di atas mungkin sudah mengundang keinginan Anda untuk berlibur kesana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Selamat berkunjung ke Solo dan semoga liburan Anda menyenangkan.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here