23.4 C
Ciamis
BerandaLifestyleTravelDestinasi Tempat Wisata Alam Solo Yang Mempesona

Destinasi Tempat Wisata Alam Solo Yang Mempesona

RANCAH POST – Kota Solo yang berada di Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak destinasi tempat wisata yang sangat bersejarah dan terkenal. Bangunan sejarah dari masa Kerajaan di Indonesia yang masih ada di Kota Solo adalah keraton. Bukan hanya itu, di Solo juga banyak sekali tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi.

Beberapa tempat wisata alam Solo tersebut adalah.

Pantai Sembukan
Pantai Sembukan sangat terkenal di daerah Karesidenan Surakarta dikarenakan di Pantai Sembukan setiap tahunnya diadakan sebuah ritual oleh Keraton Surakarta yang biasa disebut dengan nama ritual Larung Ageng. Menurut cerita dari warga setempat, Pantai Sembukan memiliki cerita mistis yang dipercaya oleh warga sebagai gerbang ke 13 Ratu Nyai Roro Kidul sebagai tempat pertemuan dengan Raja Pangkubuwono yang merupakan salah satu Raja di Kasunanan Surakarta. Adanya kegiatan tiap tahun di Pantai Sembukan membuat banyak para wisatawan yang datang naik untuk sekedar melihat acara maupun ingin mengetahui kegiatan lebih rinci dan juga menikmati keindahan Pantai Sembukan itu sendiri.

Gua Gong
Gua Gong memiliki hiasan pada dindingnya yang unik dan juga pada stalakmit dan stalaktitnya. Menurut cerita dari warga sekitar bahwa gua ini pada setiap hari Jum’at terdengar sua gamelan seperti gamelan gong sehingga gua ini dinamakan dengan Gua Gong. Di dalam Gua Gong terdapat 7 sumber mata air dan 12 ruangan sedangkan gua gong sendiri terletak bawah laut sekitar 256 meter. Untuk dapat sampai ke tempat wisata alam Solo ini Anda bisa melalui jalan transportasi darat dari arah Punung – Pacitan menempuh jarak 7 km yang berada di arah tenggaranya Kota Solo sekitar 70 km.

Gua Kahyangan
Menurut sejarah dari warga sekitar bahwa Gua Kahyangan merupakan tempat semedi raja pertama kerajaan Mataram Islam yaitu raja Danang Suto Wijoyo. Dan di atas puncak Gua Kahyangan dijadikan tempat pertemuan Raja Danang Suto Wijoyo dengan Ratu Nyai Roro Kidul. Terlepas dari sejarah yang dipercayai oleh warga tersebut masih ada hal lain bagi masyarakat yang masih percaya akan takhayul. Yaitu apabila mau berkunjung ke Gua Kahyangan dilarang memakai pakaian yang berwarna hijau.

Tempat wisata alam Solo ini akan ramai sekali ketika malam pergantian tahun baru kalender jawa yang biasa di sebut malam 1 Suro. Kebanyakan yang datang ke Gua Kahyangan berasal dari luar Kota Solo yang akan melakukan kegiatan tirakat setiap tahunnya di Gua Kahyangan ini. Sedangkan untuk hari yang lain, biasanya akan diadakan syukuran yang dilakukan oleh warga yang berhasil dalam berkarir dengan mengundang warga sekitar Kahyangan yang dilakukan pada setiap malam Jum’at Kliwon tiap bulannya.

Grojokan Sewu Tawangmangu
Grojokan Sewu Tawang Mangu sudah sangat terkenal bagi masyarakat Kota Solo dan sekitarnya. Grojokan ini terletak di daerah Tawangmangu Karang anyar dengan ketinggian mencapai 1.100 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata alam Solo ini merupakan air terjun yang deras dengan ketinggian air mencapai 81 meter dan berlokasi di tengah-tengah hutan lindung yang terdapat berbagai macam jenis hewan yang sudah jinak. Dengan lokasi yang berada di tengah hutan tentunya sangat memberikan suasana menjadi lebih segar ditambah lagi dengan panorama alam yang terdapat di Grojokan Sewu sendiri yang sangat indah. Hal ini sangat memanjakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tempat wisata alam Solo ini.

Demikian beberapa contoh tempat wisata alam yang terdapat di Kota Solo dan sekitarnya. Selamat berwisata!

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here