RANCAH POST – Daun sirih terdiri dari warna yang berbeda-beda, mulai dari warna hijau, jingga, hitam, dan merah. Namun, masyarakat lebih mengenal daun sirih yang berwarna merah dan hijau. Yang berwarna hijau biasanya sering dijumpai pada daerah pedesaan, sementara daun sirih merah banyak dijadikan sebagai tanaman hias karena warnanya menarik setiap mata yang memandangnya. Tetapi, ada juga yang memanfaatkan daun tersebut untuk kemudian diolah menjadi obat tradisional.

Manfaat Daun Sirih Hijau

Daun ini kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Para petani sering menggunakan carian daun tersebut untuk mengusir dan membunuh hama yang mengganggu. Berikut manfaat daun sirih hijau :

Daun sirih dapat mengobati gusi yang bengkak dan sakit gigi. Mengunyah atau berkumur menggunakan daun sirih malah dianjurkan ketika kita mengalami rasa sakit pada gigi. Dapat juga mengobati peradangan pada tenggorakan. Jangan lupa jika anda ingin berkumur dengan daun ini, rebuslah terlebih dahulu.

BACA JUGA : Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Kulit

Daun sirih juga membantu mengobati keputihan bagi wanita. Dengan merebus daun tersebut lalu air rebusannya diusapkan ke bagian organ vital. Selain untuk keputihan, air rebusannya juga berkhasiat untuk melancarkan menstruasi yang tidak teratur.

Bisa juga untuk mengobati penyakit demam berdarah. Dengan meminum air daun ini maka kuman yang tersebar di dalam tubuh melemah kemudian mati. Bagi yang mengidap sakit asma, pengobatan melalui media daun sirih hijau juga sangat bermanfaat.

Daun sirih hijau memiliki kandungan yang dapat mengobati kulit akibat luka bakar. Yaitu dengan cara merendam daun sirih tersebut bersama air panas hingg layu untuk kemudian ditempelkan pada area kulit yang terkena luka.

BACA JUGA : Manfaat Sayur Kubis Bagi Kesehatan Anda

Manfaat bagi kulit sangat banyak, diantarnya dapat menyembuhkan gatal-gatal akibat sengatan serangga, mengobati eksim, dan juga penyakit kulit lainnya. Bahkan untuk yang mimisan, gulungan daun  sirih yang dimasukakkan ke dalam lubang hidung akan menghentikan pendarahan yang keluar.

Bau tidak sedap ketiak memang manjadi salah satu momok menakutkan bagi kalangan pria atau wanita. Apalagi di usia remaja menginjak dewasa pasti menjadi permasalahan yang harus cepat ditangani. Untuk itu, hilangkan bau ketiak anda dengan menggunakan daun sirih hijau agar tingkat kepercayaan diri juga meningkat.

Itulah manfaat daun sirih hijau, lantas bagaimana dengan daun yang berwarna merah ? Simak selengkapnya di bawah ini,

Manfaat Daun Sirih Merah

Daun sirih merah mempunyai sifat antiseptik dan dipercaya mampu mengobati diabetes melitus. Dengan meminum hasil rebusan daun ini, kadar gula dalam darah akan kembali normal apabila dikonsumsi secara rutin. Selain itu juga dapat mengobati penyakit keputihan dan ambeien. Bermanfaat juga sebagai alkoloid (dijadikan obat kumur) sebagai anti mikroba.

Menghilangkan bau mulut
Cara alami juga mengobati bau tidak sedap di mulut. Cuci bersih 1 helai daun sirih merah lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan secara rutin 2 atau 3 kali sehari. Bisa juga dengan hasil dari rebusan air daunnya. Caranya sama yakni dengan berkumur-kumur di waktu siang dan sore hari.

Mengobati Keputihan
Mengobati keputihan dengan menggunakan daun sirih merah memang sangat manjur serta bersifat antiseptik yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Bilas organ vital dengan rebusan daun sirih kurang lebih 8 sampai 10 lembar, lakukan pada saat mandi.

Seperti itulah manfaat daun sirih yang sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Semoga informasi ini memberikan gambaran bagaimana melimpahnya kekayaan alam yang dapat kita manfaatkan untuk terus hidup sehat dan berperilku positif. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply