RANCAH POST – Kabar mengenai khasiat buah jambu biji memang sudah tidak diragukan lagi dan bukan hanya isapan jempol belaka. Mulai dari daun, batang pohonnya dan daging buahnya pun memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Daunnya memiliki warna hijau serta warna merah atau putih di bagian buahnya sangat menjanjikan kandungan alami yang dapat dimanfaatkan.

Apa yang dimiliki buah jambu biji ini? Buah yang memiliki nama ilmiah Psidium Guajava ini mengandung tinggi vitamin A untuk kesehatan mata serta menangkal adanya radikal bebas sehingga tubuh tidak mengalami kerusakan sel. Buah asam manis menyegarkan tersebut juga sangat aman bagi penderita gula darah tinggi atau diabetes karena mempunyai kadar gula yang rendah.

Jambu batu lebih tinggi kandungan vitamin C nya dibandingkan buah jeruk manis. Hal ini ditunjukan oleh gramasi per 100 gram jeruk manis berkisar di angka 49 miiligram saja. Jadi tidak ada alasan bagi orang yang sakit sariawan atau gusi berdarah harus mengkonsumsi buah yang satu ini.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C akan bertambah tinggi seiring matangnya buah jambu biji. Maka sebelum hendak memakannya, pastikan kondisi buah ini benar-benar matang. Selain lebih berkhasiat saat matang, rasanya juga lebih manis dan menyegarkan saat dinikmati.

Berikut ini adalah beberapa kondisi kulit yang mulai melemah yang dapat diobati oleh jambu biji. Simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini,

Kulit lebih cerah
Sudah banyak yang menjelaskan bahwa vitamin C berperan untuk menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Namun, bukan hanya untuk itu saja, kulit kita pun sangat memerlukan nutrisi luar biasa ini demi menjaga kesehatannya. Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan vitamin E. Vitamin E juga sangat baik bagi kulit karena berfungsi untuk merangsang sel-sel pada kulit agar tetap sehat. Untuk hasil optimal, hanya dengan meminum mentah-mentah dari hasil rebusan air jambu biji.

Mengobati penyakit kulit
Salah satu pengobatan bagi penyakit kulit bukan hanya menggunakan daunnya saja. Pemanfaatan dengan buah jambu biji juga menjadi cara jitu mengobati penyakit kulit. Caranya adalah dengan merebus sekitar 500 gram selama 20 menit dengan suhu stabil 90 derajat. Kemudian gunakan hasil rebusan tersebut untuk dipakai mandi. Mandi menggunakan air ramuan ini secara teratur akan mempercepat hilangnya penyakit pada kulit.

BACA JUGA : Manfaat dan Khasiat Daun Serai Untuk Kesehatan

Mencegah keriput
Salah satu terjadinya penuaan dini ditandai dengan munculnya keriput. Hal ini menjadi suatu hal yang menakutkan bagi wanita dimanapun. Selain disebabkan menambahnya usia, penuaan dini juga terjadi akibat tingkat stres yang tinggi. Banyak kaum hawa yang berusaha menghilangkannya serta berani menggelontorkan sejumlah biaya yang cukup lumayan besar. Tapi hal ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi jambu biji yang mengandung kolagen tinggi.

Selain bermanfaat dalam meremajakan kulit, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias. Hal ini digunakan di negara Australia. Jambu Australia lah yang digunakan dalam hiasan yang ditanam di pekarangan rumah. Dipakai sebagai hiasan karena memiliki daun berwarna merah keungu-unguan.

Demikianlah informasi berbagai manfaat buah jambu biji yang berguna untuk kulit. Jambu biji merupakan makanan sebagai sumber yang kaya akan nutrisi. Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi buah jenis ini agar senantiasa terhindar dari ancaman berbagai penyakit yang berbahaya.

BACA JUGA : Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan

Terimakasih telah membaca artikel mengenai manfaat jambu biji untuk kesehatan kulit. Selamat mencoba ramuan tradisional yang telah kami sampaikan diatas. Semoga Anda mendapatkan manfaatnya.

Share.

Leave A Reply