Kamis, November 26, 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Penyebab Seseorang Merasa Haus Terus Menerus

6 Penyebab Seseorang Merasa Haus Terus Menerus

RANCAH POST – Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab seseorang selalu merasa haus terus menerus. Penasaran apa saja penyebabnya?

Sebenarnya, rasa haus yang kita rasakan itu merupakan cara tubuh yang memberi sinyal pada Anda, jika tubuh kurang cairan.

Apalagi ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan yang terpapar teriknya sinar matahari, pastinya tubuh banyak mengeluarkan keringat.

Rasa haus yang muncul tentunya normal-normal saja, karena tubub butuh air untuk menjalankan metabolisme tubuh.

Namun, bagaimana jika haus itu terus menerus Anda rasakan padahal tidak melakukan aktivitas di luar ruangan? Hal ini perlu diwaspadai.

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap harinya kita dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum setidaknya 8 gelas atau setara dengan 2 liter air.

Akan tetapi, jika Anda sudah mengikuti anjuran tersenut tapi masih sering merasa haus terus menerus, mungkin ada kondisi kesehatan yang jadi penyebabnya.

Penyebab Haus Terus Menerus

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat seseorang kerap merasa haus.

Diabetes

Risiko seseorang mengalami dehidrasi bisa meningkat ketika belum menyadari bahwa mereka mengidap penyakit diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Pada saat kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh kita dapat menekan ginjal dalam melakukan produksi lebih banyak urine untuk membuang glukosa yang terlalu banyak.

Dengan begitu, Anda pun akan bolak-balik ke toilet untuk kencing. Ketika sering buang air kecil secara terus menerus, tubuh akan menandakan kekurangan cairan yang membuat Anda merasa haus terus.

Mulut kering

Apa penyebab Anda merasa haus terus menerus yang selanjutnya? Ya, yakni mulut kering. Mulut yang kering dapat disebabkan oleh cuaca panas menyengat atau bisa juga karena konsumsi obat-obatan.

Beberapa obat yang dapat membuat mulut Anda kering di antaranya adalah claritin dan benadryl (obat alergi). Sebenarnya, normal saja jika Anda merasa haus lantaran mulut yang kering.

Namun, rongga mulut menjadi tidak normal karena berkurangnya atau berubahnya air liur di mulut. Tak jarang menimbulkan efek seperti bau mulut, susah mengunyah, dan air liur jadi kental.

Lagi menstruasi

Ketika sedang menstruasi, banyak hal yang bisa Anda rasakan, termasuk sejumlah wanita yang kerap mersakan semua cairan dari tubuhnya keluar bersamaan dengan darah haid yang keluar.

Ketika sedang haid lalu Anda merasa haus terus, ini merupakan hal wajah karena hormon esterogen dan progesteron yang muncul ketika menstruasi berpengaruh terhadap volume cairan.

Konsumsi garam yang terlalu banyak

Kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab Anda merasa haus terus menerus berikutnya adalah Anda yang mengonsumsi garam terlalu banyak.

Perhatikan makanan-makanan yang kerap Anda konsumsi, apakah memiliki kandungan banyak garam?

Bukan hanya garam biasa seperti yang digunakan saat memasak, namun Anda mesti waspada dengan kandungan sodium yang ada pada olahan makanan yang dikonsumsi, tak terkecuali snack kemasan kesukaan Anda.

Ada gangguan pada kelenjar tiroid

Selain mengonsumsi garam yang terlalu banyak, penyebab Anda merasa haus terus juga bisa karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

Tiroid merupakan kelenjar yang bentuknya seperti kupu-kupu di bawah leher yang berfungsi untuk memompa hormon tiroid.

Fungsinya yakni untuk membantu sebagai pengatur nafsu makan, suhu internal, fungsi vital, dan energi di tubuh. Biasanya gangguan kelenjar tiroid ini dialami oleh kaum wanita.

Pada saat kelenjar terlalu banyak memproduksi atau terlalu seikit hormon, ini bisa menimbulkan berbagai gejala nonspesifik seperti mulut kering serta kecemasan yang membuat Anda merasa haus.

Stres Kronis

Penyebab merasa haus terus menerus yang satu ini juga harus Anda ketahui, yakni stres kronis. Stres kronis membuat kelenjar adrenalin tak berfungsi maksimal.

Tak hanya itu, stres juga dapat menjadi pemicu tekanan darah rendah, sehngga Anda pun merasakan cemas, pusing, dan haus.

Itu dia, 5 kondisi kesehatan yang bisa jadi penyebab Anda merasa haus terus menerus. Terapkan gaya hidup sehat dan rutin periksakan kesehatan ke dokter ya, guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here