Jumat, 18 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Bahaya Kekenyangan yang Perlu Diwaspadai

6 Bahaya Kekenyangan yang Perlu Diwaspadai

RANCAH POST – Bahaya makan sampai kekenyangan harus Anda waspadai karena menimbulkan gangguan bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah jadi penyebab berat badan naik.

Orang-orang sering kali kalap mengonsumsi suatu makanan karena dalam kondisi perut yang sangat lapar atau karena makanan yang dikonsumsi rasanya sangat enak.

Sehingga mereka pun sulit mengontrol untuk berhenti mengonsumsi makanan tersebut. Padahal segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, tak terkecuali dalam hal mengonsumsi makanan.

Untuk itu, sebaiknya berhentilah mengonsumsi makanan jika tubuh kita sudah memberikan tanda, yakni ketika rasa kenyang muncul. Jangan sampai tubuh dibiarkan kekenyangan yang berdampak buruk bagi tubuh.

Menjaga kesehatan sangat penting, ada baiknya Anda lebih bijak dalam mengonsumsi makanan dan jangan biarkan tubuh mengalami kekenyangan.

Agar lebih yakin untuk tidak lagi mengonsumsi makanan berlebihan hingga kekenyangan, berikut beberapa efek kekenyangan yang tidak hanya menyebabkan berat badan naik.

Bahaya Kekenyangan

Dampak buruk mengonsumsi makanan secara berlebihan hingga kekenyangan tak hanya membuat perut terasa penuh, namun juga bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Timbul rasa panas di perut

Kondisi perut yang kepenuhan bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan yang akhirnya bisa menimbulkan rasa seperti terbakar.

Tak hanya itu, rasa panas di dalam perut juga dapat timbul karena mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Efek lanjutan yang dapat terjadi adalah mulas.

Nyeri sendi

Bahaya kekenyangan selanjutnya adalah bisa menimbulkan nyeri tulang dan sendi. Namun, sebagian orang mungkin tidak menyadari dan malah mengaitkan kondisi ini dengan hal lain.

Nyeri sendi dan tulang dapat terjadi apabila berat badan mengalami peningkatan yang diakibatkan makan makanan terlalu banyak. Punggung bawah dan pinggul merupakan dua bagian tubuh yang biasa terasa sakit.

Berpengaruh terhadap jam tidur

Manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan dan kecantikan sangatlah luar biasa, namun hal sebaliknya bisa Anda alami jika tidak memperhatikan jam tidur setiap harinya.

Ternyata makan terlalu banyak hingga kekenyangan pun bisa berpengatuh terhadap jam tidur kita. Apakah Anda mengetahuinya?

Kekenyangan bisa membuat kadar hormon tidur dan kelapar naik-turun sepanjang hari. Ketika siklus tidur terganggu, Anda pun bisa mengalami insomnia atau susah tidur nyenyak di malam hari.

Menghambat proses pencernaan

Bahaya kekenyangan yang harus Anda waspadai selanjutnya adalah bisa menyebabkan dampak buruk pada sistem pencernaan tubuh kita.

Enzim pencernaan hanya tersedia dalam jumlah terbatas, apabila makanan yang Anda konsumsi sangat banyak, tubuh pun perlu mencernanya dalam waktu yang lama.

Ketika Anda sering kekenyangan, kian hari proses pencernaan yang lambat ini bisa membuat makanan yang dikonsumsi tetap berada di dalam perut lebih lama dan bisa berubah jadi lemak.

Terus bersendawa

Pernahkan Anda perhatikan, saat seseorang kekenyangan mungkin mereka akan bersendawa terus hingga berkali-laki?

Bukan kekenyangan makanan, melainkan minuman terutama minuman bersoda. Perut akan merasakan ketidaknyamanan akibat jumlah gas yang meningkat dan hal ini bisa menyebabkan Anda terus bersendawa.

Menggangu kondisi organ lainnya

Ketika makan berlebihan hingga kekenyangan, ukuran perut bisa mengembang melebihi ukuran normal karena menyesuaikan dengan jumlah makanan yang kita konsumsi.

Nah, ketika perut dipenuhi dengan makanan yang banyak, hal tersebut bisa mendorong organ-organ lain yang ada di sekitarnya hingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Itulah beberapa hal yang bisa terjadi ketika kekenyangan. Untuk itu, baik pada ibu hamil, anak kecil, atau orang dewasa, hindarilah makan makanan hingga kekenyangan karena bisa bahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,002FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan