Rabu, 23 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 9 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Tak Kalah dari Jeruk!

9 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Tak Kalah dari Jeruk!

RANCAH POST – Jeruk adalah buah yang identik dengan vitamin C, namun ternyata ada beberapa sayuran dan buah-buhan lainnya yang mengandung vitamin C yang hampir setara dengan buah tersebut.

Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, seperti melindungi sel-sel tubub dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Sehingga kita penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C setiap harinya.

Tak hanya itu, vitamin C juga penting untuk menjaga sitem kekebalan tubuh, cegah infeksi serta melawan penyakit. Tidak hanya dari buah-buahan, sayuran juga bisa menjadi pilihan lain sebagai sumber vitamin C.

Selain vitamin C, sayuran juga bisa membuat vitamin serta mineral yang diperlukan tubuh terpenuhi. Lalu, buah apa saja yang memiliki kandungan vitamin C yang bisa kita konsumsi?

Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Agar makin tahu, berikut ini Rancah Post telah menyiapkan ulasan mengenai beberapa jenis sayur yang mengandung vitamin yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Kembang kol

Apakah Anda mengetahui jika kembang kol ini mengandung vitamin C? Ya, kembang kol memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dalam satu cangkir atau sekitar 128 gram kembang kol, kurang lebih terdapat sekitar 77% RAH vitamin C di dalamnya.

Brokoli

Tidak hanya kembang kol, brokoli juga menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin C. Brokoli dan kembang kol memang punya bentuk yang hampir mirip hanya saja berbeda warna.

Terdapat 49 mg vitamin C, 3 gram serat, 23 kalori, 1,76 gram protein yang ada di dalam setiap 100 gram brokoli. Kandungan vitamin C pada brokoli bermanfaat untuk mencegah kanker serta sebagai antioksidan untuk tubuh.

Seledri

Manfaat seledri untuk kesehatan dan kecantikan memang sangatlah banyak. Namun selain itu, sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak.

Beta karoten dan flavonoid merupakan kandungan lain yang ada di dalam seledri. Selain itu, setidaknya terdapat 12 jenis nutrisi antioksdian tambahan yang ada di dalam setangkai seledri.

Bayam

Sayuran yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah bayam. Dalam 100 gram bayam, terdapat 28,1 mikrogram vitamin C atau setara dengan 34% dari rekomendasi harian.

Selain itu, sayuran yang terkenal sebagai sumber zat besi ini juga mengandung banyak senyawa lain seperti lutein, nitrat kaempferol dan lainnya yang tentunya bermanfaat bagi tubuh.

Sawi

Dalam 100 gram sawi, terdapat 70 mg vitamin C. Sawi diketahui merupakan sayuran yang rendah kalori namun tinggi serat. Sawi juga merupakan sumber antioksidan seperti beta karoten, lutein, vitamin E, dan flavonoid.

Kandungan vitamin K yang ada di dalam sawi juga baik untuk kesehatan. Vitamin K dikenal dengan fungsinya dalam membantu pembekuan darah serta penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

Paprika

Sayuran yang mengandung vitamin C dan E adalah paprika. Semua jenis paprika, mulai dari yang warna kuning, hijau, atau merah, sama-sama mengandung vitamin C.

Dalam satu paprika merah sedang, terdapat 169% asupan ahrian yang disarankan untuk vitamin C. Selain itu, paprika juga mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin K1, folat dan kalium serta kandungan lainnya.

Kubis

Kubis mengandung 92,6 mg vitamin C dalam setiap 100 gram-nya. Ketika kita makan kubis, dapat membuat kebutuhan serat sekitar 5 gram, 50 kalori dan 3,76 gram protein tecukupi.

Cabai

Bagi Anda yang memang suka pedas, wajib tahu kalau cabai itu mengandung vitamin C. Satu cabai hijau sudah memiliki kandungan 109 mg vitamin C atau setara dengan 121% RAH.

Sementara itu, satu cabai merah memiliki kandungan 65 miligram vitamin C atau setara dengan 72% RAH (rekomendasi asupan harian).

Peterseli

Sayuran yang mengandung vitamin C ini rendah kalori namun kaya akan nutrisi. Peterseli mengandung vitamin K, vitamin A, dan vitamin C.

Dalam setiap dua sendok makan atau setara dengan 8 gram peterseli memiliki kandungan 10 mg vitamin C atau 11% jumlah harian yang direkomendasikan.

Nah, itulah beberapa sayuran yang mengandung vitamin C. Semoga bermanfaat, teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,966FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan