Jumat, November 27, 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas di Malam Hari

Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas di Malam Hari

RANCAH POST – Cara mendapatkan tidur yang berkualitas ternyata bisa kita lakukan dengan beberapa hal sederhana dan mudah. Bagaimana caranya?

Tidur menjadi salah satu aktivitas yang kita ditunggu-tunggu setelah seharian melakukan banyak aktivitas yang membuat tubuh jadi lelah.

Orang dewasa rata-rata memerlukan waktu tidur selama 7-9 jam setiap malam, setiap individu tentu berbeda.

Manfaat tidur dan istirahat yang cukup sangatlah banyak, baik bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Karena ketika tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang lelah.

Sehingga ketika bangun di pagi hari, kita pun lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Nah, itulah mengapa kita memerlukan waktu tidur yang cukup. Namun, tidak hanya cukup, kita juga harus mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Akan tetapi, sebagian orang mungkin kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas dengan alasan yang bervariasi.

Agar mendapatkan kualitas tidur yang baik, di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa caranya yang mesti kamu ketahui.

Cara Mendapatkan Tidur Yang Berkualitas

Berikut ini beberapa cara mendapat tidur yang berkualitas baik, ini dia ulasannya untuk kamu.

Bikin jadwal jam tidur

Tidur yang berkualitas diyakini bisa membuat kualitas hidup meningkat juga. Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan membuat jadwal jam tidur bahkan ketika di akhir pekan.

Ketika tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk ketika hari libur bisa membantu membuat tidurmu berkualitas.

Tak hanya itu, hal tersebut juga bisa membantu mengatur jam internal dalam tubuhmu, sehingga tubuh pun akan dengan sendirinya tahu kapan harus tidur dan bangun.

Perhatikan suasana kamarmu, harus nyaman!

Cara mendapatkan tidur yang berkualitas selanjutnya adalah dengan selalu memperhatikan suasana kamar tidurmu mulai dari kasur, sprei, hingga bantal supaya tetap nyaman.

Tidur dengan kondisi kamar yang rapi pastinya membuatmu nayaman. Selain itu, kondisi yang tenang, sejuk, mematikan lampu di kamar, bisa membantumu tidur dengan nyaman.

Hindari mengkonsumsi makanan terlalu banyak menjelang tidur

Sebaiknya, hindarilah kebiasaan mengkonsumsi makanan terlalu banyak ketika menjelang tidur. Jika hal tersebut dilakukan, perutmu akan terasa tidak nyaman yang berujung jadi penyebab susah tidur.

Kurang tidur dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kita. Maka dari itu, jika ingin makan, makanlah makanan yang sehat dan dalam porsi sedikit.

Hindari kafein

Selain menghindari mengkonsumsi makanan terlalu banyak, cara mendapatkan tidur yang berkualitas selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Hal tersebut karena kandungan kafein yang ada di dalamnya bisa menjadi asupan jenis stimulan yang bikin tubuh kita terjaga lebih lama.

Jangan tidur siang terlalu lama

Manfaat tidur siang memang sangat banyak untuk tubuh, namun hindari untuk tidur siang dalam waktu yang sangat lama terutama bagi kamu yang punya masalah tidur, seperti insomnia.

Ketika tidur siang terlalu lama, mungkin mata akan menjadi sulit terlelap dan akhirnya tidur larut malam alias begadang. Untuk itu, pangkas waktu tidur siangmu jangann lebih dari satu jam.

Berolahraga secara teratur

Cara membuat tidur yang berkualitas selanjutnya jangan lupa untuk rutin berolahraga secara teratur.

Dengan berolahraga, kamu bisa terbantu untuk cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak. Akan tetapi, perhatikan kapan waktu kamu akan berolahraga.

Hindari berolahraga berat ketika sudah mendekati waktu tidur karena bisa menyebabkan tidur terganggu. Ada baiknya, olahragalah setidaknya 3 jam sebelum tidur atau olahraga di pagi hari.

Itu dia, beberapa cara mendapatkan tidur yang berkualitas baik. Semoga bermanfaat, teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here