Sabtu, 26 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Kebiasaan yang Bikin Mata Rusak, Jangan Disepelekan!

7 Kebiasaan yang Bikin Mata Rusak, Jangan Disepelekan!

RANCAH POST – Disadari atau tidak, ada beberapa kebiasaan yang kerap dianggap sepele yang mengganggu kesehatan mata dan bisa bikin mata menjadi rusak.

Padahal mata adalah salah satu orang terpenting bagi kita. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan yang ada dunia secara langsung.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk merawat dan menjaga kesehatan mata. Kalau tidak dirawat, apakah kamu mata menjadi rusak? Tentu tidak, kan.

Terdapat beberapa kebiasaan yang mungkin saja disepelekan oleh sebagian orang namun ternyata berdampak cukup besar bagi kesehatan mata.

Agar kesehatan mata tetap terjaga dan kita bisa melihat keindahan dunia hingga tua nanti, hindari lah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan pada mata.

Kebiasaan yang Bikin Mata Rusak

Langsung saja, berikut di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan ulasan mengenai beberapa kebiasaan yang bisa membuat mata rusak.

Terlalu lama menatap layar handphone

Kebiasaan yang satu ini mungkin semua orang kerap melakukannya setiap hari. Namun, dampak buruk berlama-lama menatap layar ponsel tidaklah baik bagi kesehatan mata.

Penglihatan kita bia menjadi buram, kepala berkunang-kunang, mata kering, hingga bisa menimbulkan mual.

Untuk itu, ajaklah mata untuk istirahat sebentar selama sekitar 20 menit dengan cara menutup ponsel.

Baca buku sambil tiduran

Membaca buku dengan posisi sambil tidur ternyata merupakan kebiasaan yang bisa bikin mata rusak. Apakah kamu sering melakukannya? Jika iya, hindarilah melakukannya terus menerus.

Hal ini karena mata kita emnajdi lebih cepat lelah yang berakibat pada menurunnya ketajaman mata. Usahakan untuk membaca buku dengan jarak yang ideal, yakni 30 sentimeter.

Menatap laptop atau komputer terlalu lama

Sama seperti menatap layar ponsel, kebiasaan yang satu ini bisa menjadi pemicu rusaknya mata secara perlahan-lahan.

Gejala awalnya biasanya ditandai dengan mata yang kering atau berair, terasa kabur hingga timbulnya sakit kepala.

Jika gejala-gejala tersebut sudah kamu alami, ini artinya kamu sudah melampaui batas penggunaan komputer.

Keseringan mengucek mata

Kebiasaan mengucek mata ternyata bisa bikin mata kita menjadi rusak. Pasalnya, bakteri yang ada di tangan bisa pindah ke mata sampai menimbulkan infeksi.

Tak hanya itu, mengucek mata juga dapat menimbulkan risiko kornea mata robek serta kerapuhan pada komponen mata lainnya. Wah, ngeri banget, kan?

Membaca di ruangan yang cahayanya minim

Sebagian orang mungkin nyaman ketika membaca dokumen atau lainnya di laptop dengan pencahayaannya yang minim.

Namun, kebiasaan ini bisa membuat mata kita menjadi tegang dan ujungnya kekeringan. Mata yang kering sangat rentan iritasi.

Maka dari itu, lebih perhatikanlah pencahayaan yang cukup ketika sedang bekerja atau membaca.

Tidak menjaga kebersihan lensa kontak

Tidak menjaga kebersihan lensa kontak bisa menjadi kebiasaan buruk yang bikin mata kita jadi rusak. Penggunaan lensa kontak memang dianggap lebih mudah daripada kacamata.

Namun penggunaan lensa kontak harus dibarengi dengan menjaga kebersihannya dengan benar. Karena jika tidak, lensa kontak dapat menjadi sumber kuman dan bakteri.

Selain menjaga kebersihan lensa, perhatikan juga cara menggunakan lensa kontak dengan benar, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

Salah dalam memakai make up

Kesalahan dalam memakai make up terutama di bagian mata ternyata bisa menimbulkan kerusakan pada mata. Karena mata merupakan organ yang sangat sensitif dan rentan rusak.

Untuk itu, kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan make up di bagian mata, seperti eyeliner, eyeshadow, atau maskara.

Nah, itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin mata rusak. Apakah kebiasaan-kebiasaan tersebut sering kamu lakukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan