Minggu, 25 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 8 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Sudah Tersediakah di Rumah?

8 Buah Penurun Kolesterol Tinggi, Sudah Tersediakah di Rumah?

RANCAH POST – Perlu Anda ketahui, ada beberapa buah yang membantu sebagai penurun kolesterol tinggi dengan cepat. Apa saja buah-buahan tersebut?

Tidak hanya Idul Fitri, saat Hari Raya Idul Adha pun tentunya banyak terhidang makanan-makanan khas berbahan daging, lemak dan santan.

Makanan khas Idul Adha pun bisa menjadi pemicu kenaikan kolesterol. Sebagian orang pastinya khawatir dengan hal ini.

Mengkonsumsi buah-buahan diyakini bisa menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol.

Namun, jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan-makanan pemicu kolesterol naik.

Lalu, apa saja buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh? Di artikel kali ini Rancah Post akan membahasnya.

Buah Penurun Kolesterol

Langsung saja, berikut ini beberapa buah yang diyakini memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol. tinggi.

Buah pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh memang luar biasa dan sudah dikenal banyak orang, mungkin termasuk Anda.

Salah satu manfaat yang ada dalam buah pisang adalah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Cara pisang menurunkan kolesterol dalam darah yakni dengan membersihkan dari saluran pencernaan, sehingga aliran darah dan arteri tidak tersumbat akibat kolesterol.

Buah pepaya

Selain pisang, buah pepaya ternyata bermanfaat sebagai penurun kolesterol. Apabila terjadi oksidasi, kolesterol dapat menempel di pembuluh darah dan berkumpul hingga terbentuk plak yang berpotensi memperhambat pembuluh darah.

Ketika Anda mengkonsumsi pepaya, vitamin C dan vitamin E yang terkandung dalam buah ini akan menyatu dengan enzim paraxonase, kemudian persatuan tersebut dapat memperhambat terjadinya proses oksidasi kolesterol pada pembuluh darah.

Buah tomat

Si bulat nan cantik dengan warnanya yang merah merona ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Tomat memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan potasium yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kota. Buah ini juga mengandung antioksidan likopen.

Anggur

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah anggur. Anggur memiliki kandungan senawa polifenol yang bisa mencegah terjadi kerusakan pada sel-sel tubuh.

Mengkonsumsi satu sampai dua cangkir anggur per hari bisa membantu melindungi sel dan membuat tanda-tanda peradangan berkurang. Alhasil, penumpukan kolesterol di dinding arteri dapat terhambat.

Blueberi

Bagi pencinta buah yang satu ini, tentu sudah mengetahui kandungan manfaat yang terdapat di dalamnya cukup banyak. Buah blueberi juga bisa membantu menurunkan kolesterol dengan kandungan anthocyanin.

Blueberi juga mengandung antioksidan lainnya yakni polifenol yang melindungi sel-sel di jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan seratnya juga membuat penurunan kolesterol LDL semakin cepat.

Buah apel

Satu lagi buah penurun kolesterol dalam darah, yakni apel. Mengkonsumsi buah apel secara rutin bisa membantu membuat kadar kolesterol dalam darah menurun.

Konsumsilah buah apel dengan kulitnya karena kulit buah apel memiliki kandungan senyawa antioksidan fenolik yang memperlancar aliran darah.

Buah pir

Tidak hanya apel, manfaat buah pir pun dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.  Kandungan serat alami pektin yang ada dalam pir dapat membantu ‘membasmi’ kadar LDL di dalam tubuh.

Bahkan menurun penelitian, buah pri segar memiliki banyak kandungan pektin daripada apel. Pektin mengikat dengan kolesterol dan membawanya keluar sebelum tubuh menyerapnya.

Buah alpukat

Alpukat bermanfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Kandungan lemak dan serat tak jenuh yang ada di dalam alpukat dapat menjaga kesehatan jantung, sehingga makan buah ini bisa membantu meminimalisir risiko penyakit jantung dan stroke.

Nah, itulah beberapa buah penurun kolesterol yang dapat dengan mudah kita peroleh. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan