Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ketahui 6 Makanan Penyebab Asam Urat yang Sebaiknya Dihindari

Ketahui 6 Makanan Penyebab Asam Urat yang Sebaiknya Dihindari

RANCAH POST – Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa menjadi penyebab asam urat tinggi, tentunya hal tersebut sebaiknya perlu Anda hindari.

Walaupun memang ada banyak faktor lain yang dapat menjadi pemicu penyakit asam urat, namun faktor pola makan serta makanan yang dikonsumsi juga bisa memicu penyakit tersebut.

Terutama mengkomsumsi makanan yang mengandung banyak purin menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh tinggi.

Penyakit asam urat dapat terjadi disebabkan oleh peningkatan zat purin di dalam tubuh dan membuat ginjal kesusahan melakukan fungsinya.

Zat purin yang tidak terbuang akan menumpuk pada sendi dan berubah menjadi kristal. Zat purin adalah zat yang terdapat di dalam beragam jenis makanan, namun kadarnya tentu berbeda-beda.

Saat tubuh perlu memecah purin, tubuh juga akan memproduksi asam urat semakin banyak. Maka dari itu, jika penderita penyakit asam urat makan makanan yang memiliki kandungan purin tinggi, asam urat akan diproduksi lebih banyak oleh tubuh.

Lantas apa saja makanan-makanan yang bisa menyebabkan asam urat yang perlu ketahui? Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

Makanan Penyebab Asam Urat

Jeroan

Bagi penggemar makan jeroan, mungkin bagi penderita asam urat kali ini Anda harus menahan diri untuk tidak menyantap makanan tersebut.

Zat purin yang terkandung di dalam hati, ginjal, otak, dan organ dalam lainnya ternyata cukup tinggi.

Dan inilah yang menjadi alasan bagi penderita asam urat untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Daging angsa dan kalkun

Selain jeroan, makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat tinggi selanjutnya adalah daging angsa dan kalkun. Kedua jenis daging unggas ini mengandung purin yang tinggi.

Penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi kedua jenis daging ini dalam porsi yang berlebihan atau bahkan dihindari.

Kerang

Mungkin di daerah Anda sudah terdapat banyak warung-warung yang menyediakan beragam jenis olahan kerang. Akan tetapi, penderita asam urat sebaiknya harus menahan keinginan menyantapnya.

Selain kurang ramah bagi mereka yang punya alergi, penderita asam urat juga tidak disarankan untuk mengkonsumsinya karena kerang mengandung purin yang cukup tinggi.

Daging merah

Daging merah seperti daging kambing, domba, dan sapi menjadi makanan selanjutnya yang bisa menjadi penyebab asam urat naik. Hal tersebut karena kadungan purin di dalamnya yang tinggi.

Beberapa jenis daging merah memang mengandung protein hewani yang baik untuk tubuh, namun kandungan purinnya cukup tinggi.

Penderita asam urat bisa beralih pada sayuran lain yang memiliki kandungan purin yang rendah.

Makanan laut

Manfaat ikan laut untuk kesehatan memang cukup banyak, akan tetapi sebaiknya makanan ini dihindari oleh penderita asam urat.

Kandungan purin yang terdapat dalam beberapa makanan laut seperti ikan sarden, makarel, teri, kerang, dan kepiting ternyata tinggi.

Beberapa jenis sayuran

Tidak hanya daging dan makanan laut, ada beberapa jenis sayuran yang menjadi makanan penyebab asam urat kambuh, di antaranya seperti bayam, kol, jamur kuping, buncis, kangkung, asparagus, daun singkong dan daun pepaya.

Hal tersebut tak lain karena beberapa jenis sayuran tersebut megandung purin yang tinggi. Meski tidak seberisiko daging merah, ada baiknya penderita asam urat harus membatasi mengkonsumsi makanan tersebut.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang dapat menjadi penyebab asam urat tinggi. Selain itu, hindari juga berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak serta alkohol. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,169FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan