Minggu, Maret 29, 2020

7 Manfaat Tak Terduga Ikan Nila Untuk Kesehatan

Tak banyak orang tahu bahkan mungkin sering mengabaikan bahwa ternyata ikan nila memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Rasanya yang lezat dan tekstur daging yang tebal juga lembut membuat ikan nila digemari banyak orang, seperti di goreng, di bakar dan lain sebagainya.

Selain itu, ikan nila juga memiliki sejumlah keistimewaan dibanding dengan jenis ikan tawar yang lain, yakni rasanya yang nikmat dan tidak terlalu bau amis, harganya pun sangat terjangkau.

Lalu, apa saja khasiat ikan nila bagi kesehatan? Jika belum mengetahuinya, di artikel kali ini kami telah menyiapkannya untuk Anda.

Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat ikan nila bagi kesehatan, langsung saja mari kita simak bersama-sama.

Kesehatan otak dapat tetap terjaga

Ikan nila memiliki kandugan selenium yang diketahui ampuh untuk menjaga otak tetap sehat. Selenium dan asam lemak omega-3 akan berkeja sama untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis.

Peran selenium dalam meningkatkan oksigenasi ke otak merupakan hal yang penting demi menjaga keseimbangan cairan, memfasilitasi respons saraf dan pengendapan nutrisi ke bagian tubuh dengan tepat.

Sedangkan asam lemak omega-3 memiliki peran dalam meningkatkan fungsi neurologis yang dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat otak bisa berpikir dengan baik.

Tak hanya itu saja, selenium dan asam lemak omega-3 juga mampu menguatkan sel yang dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer, Parkinson dan epilespsi.

Cegah penyakit kanker

Selain menyehatkan otak, manfaat ikan nila untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker dengan zat selenium yang terdapat di dalamnya. Karena memang, berdasarkan penelitian zat selenium mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker terutama kanker prostat.

Menyehatkan sistem pencernaan

Tekstur daging ikan nila yang lembut dapat dicerna dan diproses dengan mudah oleh sistem pencernaan manusia. Hal tersebut tentunya dapat membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Terutama bagi ibu hamil yang sering mengalami konstipasi dan juga peradangan selama hamil.

Menyehatkan rambut

Memiliki rambut yang indah dan sehat tentu menjadi idaman semua orang, apalagi kalau terbebas dari ketombe dan rambut rontok. Ikan nila punya manfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Hal tersebut karena ikan nila mengandung asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan terbebas dari rontok karena akar rambut menjadi lebih kuat.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat ikan nila untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Karena memang berat badan yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan.

Bagi Anda yang memiliki berat badan terlalu berlebihan dapat menurunkannya dengan mengkonsumsi ikan nila. Hal ini karena ikan nila memiliki kandungan kalori dan lemak yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan produk hewani yang lainnya.

Hal tersebut pastinya bermanfaat untuk program diet yang tengah Anda jalani, karena tak hanya bisa mengurangi asupan kalori namun juga akan mendapatkan nutrisi penting yang diperlukan tubuh.

Menjaga tulang tetap sehat

Ikan nila mengandung banyak mineral di dalamnya, salah satu yang paling besar adalah fosfor. Seperti yang sudah kita ketahui, fosfor merupakan zat yang memiliki manfaat dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang manusia. Selain menjaga kesehatan tulang, fosfor juga bisa menjaga kesehatan dan kekuatan kuku serta gigi manusia.

Menambah nafsu makan

Biasanya yang sering mengalami penuruan nafsu makan adalah anak-anak, dan hal tersebut tentunya membuat orang tua sangat bingung dan khawatir karena takut anaknya jatuh sakit.

Untuk mengatasi penuruan nafsu makan, salah satu solusinya adalah mengkonsumsi ikan nila. Caranya mudah, cukup dengan mengolahnya dengan di goreng saja lalu dilahap bersama nasi.

Nah, itulah manfaat-manfaat dari ikan nila untuk kesehatan. Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya, tapi jangan berlebihan juga ya, teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,947FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan