Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Cara Alami untuk Mengatasi Masuk Angin

6 Cara Alami untuk Mengatasi Masuk Angin

RANCAH POST – Cara mengatasi masuk angin secara dengan cepat secara alami wajib untuk Anda ketahui. Apalagi masuk angin kerap dialami oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda.

Masuk angin biasanya kerap terjadi ketika musim penghujan tiba. Namun, ada yang unik di balik penyakit yang satu ini.

Ternyata masuk angin hanya ada di Indonesia, dengan penyebab dan gejala yang tidak tercatat scara medis.

Biasanya orang-orang mengaitkan masuk angin dengan kondisi sedang tidak enak badan karena angin yang masuk ke dalam tubuh berlebihan.

Ketika masuk angin dialami seseorang, gejala-gejala yang kerap dirasakan si penderita yakni badan demam, bahu terasa keras saat ditekan, kepala pusing, perut kembung, mual dan lainnya.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab masuk angin terjadi, seperti sering berinteraksi di luar rumah, hujan-hujanan, kebiasaan buruk sering begadang, pola makan yang salah, sering merokok dan lain sebagainya.

Kendati demikian, masih belum terdapat penelitian yang membuktikan secara medis mengenai masuk angin, apalagi gejala masuk angin memang mirip dengan flu.

Mungkin jika Anda menanyakan cara mengatasinya pada pihak medis, penanganan yang Anda dapat mungkin tak jauh berbeda dengan pasien yang terkena flu.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya ketika masuk angin Anda alami? Tak usah khawatir, karena di artikel kali ini kami punya solusinya.

Cara Alami Mengatasi Masuk Angin

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara menghilangkan masuk angin secara alami.

Minum air putih yang cukup

Cara pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan asupan cairan tubuh.

Hal tersebut cukup penting kaeran air bisa membantu mengontrol suhu tubuh dan meringankan demam.

Anda bisa meminum air putih untuk membuat perut lebih nyaman dan supaya rasa mual serta kembung berkurang.

Saat mengalami masuk angin, disarakan untuk sementara waktu menghindari mengkonsumsi kafein dan minuman bersoda yang bisa membuat perut semakin begah.

Minum air jahe

Cara mengatasi masuk angin secara alami berikutnya adalah dengan minum air jahe. Manfaat air jahe bisa mengatasi kembung dan memperlancar sirkulasi darah.

Dengan mengkonsumsi air rebusan jahe yang hangat diyakini bisa membantu mengatasi masuk angin. Tak hanya itu, jahe juga bisa menghangatkan tubuh dikala cuacara dingin.

Mengkonsumsi makanan bergizi

Mulai sekarang, ada baiknya Anda selalu memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan bergizi.

Ketika tidak mengkonsumsi makanan seha dan bergizi, tubuh yang sedang tidak dalam kondisi yang baik akan sulit memulihkan diri. Untuk itu, penting untuk mengkonsumsi makanan bergizi untuk mengatasi masuk angin.

Istirahat yang cukup

Cara mudah untuk mengatasi masuk angin secara alami adalah dengan meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup.

Istirahat yang cukup sangatnya masih sering disepelekan, padahal ini sangt penting bagi tubuh untuk mengembalikan energi dan staminanya.

Ketika beristirahat, juga merupakan waktu yang tepat untuk tubuh meregenerasi sel-selnya supaya kembali ke kondisi yang prima.

Pakai jaket saat bepergian

Cara yang satu ini sangat sederhana dan pastinya Anda bisa melakukannya dengan mudah, yakni selalu mengenakan jaket ketika bepergian keluar rumah, apalagi pada malam hari.

Penggunaan jaket ini agar daya tahan tubuh seseorang yang sedang mengalami masuk angin tidak terus menurun. Penggunaan jaket saat berkendara di malam hari juga penting untuk mencegah berbagai penyakit.

Lemon dan madu

Vitamin C merupakan salah satu supan nutrisi yang dibutukan oleh tubuh ketika sedang kurang fit atau masuk angin.

Buah lemon merupakan salah satu bahan alami yang mengandung vitamin C. Untuk mengatasi masuk angin, Anda bisa minum teh tambah dengan air perasan lemon dan madu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi masuk angin secara alami dan mudah. Jangan lupa juga untuk berolahraga, hindari kebiasaan buruk, dan tetap berpikir positif. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan