Air rebusan jahe ternyata punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Seperti yang sudah kita ketahui, rempah yang satu ini memang sering digunakan sebagai jamu atau bumbu penambah cita rasa lezat dalam masakan.

Sejak zaman dahulu, jahe sudah dikenal sebagai rempah yang mengandung banyak manfaat, bahkan jahe juga sering digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang ampuh mengatasi sejumlah penyakit.

Air rebusan jahe juga digemari banyak orang apalagi ketika musim dingin atau sedang hujan, cocok banget untuk menghangatkan badan.

Air rebusan jahe bisa dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti madu, jeruk nipis atau lemon. Rempah dengan nama latin Zingiber Officinale ini memiliki kandungan nutrisi seperti serat, karbohidrat, fosfor dan vitamin.

Tak hanya itu, jahe pun memiliki kandungan enzim proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, serta senyawa fenolik.

Nah untuk lebih jelasnya, kali ini Rancah Post akan menyiapkan beberapa khasiat air rebusan jahe untuk kesehatan.

Manfaat Air Rebusan Jahe

Penasarankan, apa saja manfaatnya? Langsung saja berikut ini khasiat dari air rebusan jahe bagi kesehatan.

Redakan mual

Jahe memiliki aroma yang cukup kuat sehingga diyakini mampu meredakan mual, rasa ingin muntah pun dapat tercegah.

Ini sangat membantu bagi Anda yang kerap berpergian menggunakan jalur laut, air rebusan jahe bisa membantu mencegah mabuk laut.

Selain itu, minum air rebusan jahe juga bisa membantu mengatasi rasa mual yang merupakan efek samping setelah operasi atau kemoterapi. Morning sickness yang kerap melanda ibu hamil juga mereda dengan minum air rebusan jahe.

Menguatkan sistem imun

Manfaat air rebusan jahe yang selanjutnya dapat menguatkan imunitas tubuh. Hal tersebut karena vitamin C dan magnesium yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, jahe juga mengandung gingerols, shogaols, dan zingerones yang memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

Mengontrol gula darah bagi penderita penyakit diabetes

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur respons insulin pengidap penyakit diabetes.

Lebih lanjut, mereka yang mengidap diabetes tipe 2 lalu minum suplemen jahe bisa mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Tak hanya itu, jahe yang mengandung sifat antiradang ini membantu mencegah terjadinya komplikasi diabetes, di antaranya retinopati, stroke hingga penyakit jantung.

Redakan pusing

Manfaat air rebusan jahe bisa juga meredakan pusing. Ketika mengalami pusing tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda.

Dengan minum air rebusan jahe rasa pusing yang Anda rasakan bisa segera mereda. Hal tersebut karena jahe dapat membuat aliran darah lancar dan tubuh pun akan segera membaik.

Bikin rambut dan kulit jadi sehat

Jahe mengandung antioksidan dan vitamin yang bisa membantu menyehatkan rambut dan kulit, dngan meminum air jahe, kilau alami pada kulit Anda akan semakin terpancar. Tak hanya itu saja, vitamin A dan C yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan tekstur rambut.

Membantu menurunkan berat badan

Air jahe ternyata dapat mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh, serta mampu meningkatkan metabolisme yang membuat tubuh lebih efektif ketika melakukan proses pembakaran lemak.

Karena seperti yang sudah kita ketahui, kadar gula yang tinggi bisa menjadi pemicu timbulnya rasa lapar yang menyebabkan makan dengan porsi berlebihan.

Cegah risiko terkena penyakit yang kronis

Setiap harinya tubuh akan diterpa radikal bebas dari lingkungan sekitar, mulai dari terkena sinar matahari sampai polusi udara.

Jahe kering merupakan sumber antioksidan yang mampu melindungi Anda dari radikal bebas. Karena efek buruk radikal bebas bisa menjadi faktor risiko mengalami penyakit yang kronis.

Di antaranya tumor, kanker, masalah penglihatan, penyakit jantung dan gangguan saraf terkait usia. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian menyebut bahwa meminum air rebusan jahe bisa mencegah gagal ginjal.

Itu dia teman-teman, sederet manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan yang bisa membantu mengatasi beberapa penyakit. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply