Sabtu, 15 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 7 Masker Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak dan Cara Membuatnya

7 Masker Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak dan Cara Membuatnya

RANCAH POST – Ada beberapa bahan alami yang bisa dibuat sebagai masker untuk mengatasi kulit berminyak yang saat ini mungkin mengganggu penampilan Anda.

Kulit wajah yang berminyak bisa diakibatkan oleh produksi kelenjar minyak atau sebum yang berlebih.

Walaupun memiliki manfaat untuk membuat kulit tetap lembab, namun kelenjar minyak yang diproduksi secara berlebih bisa membuat kulit berminyak.

Jika sudah berminyak, wajah kusam, pori-pori tersumbat, jerawat hingga komedo pun dapat muncul di kulit wajah.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa merawat kulit berminyak dengan cara yang benar. Anda tentu ingin bukan memiliki wajah yang bebas dari minyak berlebih?

Apalagi kaum wanita yang selalu mendambakan memiliki wajah yang cantik dan sehat tanpa adanya masalah kulit berminyak.

Banyak cara untuk mengatasi kulit berminyak, salah satunya dengan melakukan perawatan dengan produk-porduk kecantikan.

Namun, bagi yang sedang ingin hemat budget tapi tetap ingin punya wajah bebas dari minyak berlebih, Anda bisa menggunakan cara alternatif.

Apa saja cara alternatif tersebut? Di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda. Langsung saja, mari kita simak.

Masker Alami Untuk Kulit Berminyak

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai perawatan wajah berminyak.

Masker tomat

Bahan alami pertama yang bisa mengatasi kulit berminyak adalah masker buah tomat. Kandungan asam salisilat yang ada di dalamnya bermanfaat sebagai penyerap produksi inyak berlebih.

Selain itu, masker yang satu ini bisa digunakan untuk membantu mengatasi pori-pori kulit yang tersumbat.

Caranya, haluskan 1 buah tomat dan campurkan dengan gula pasir, lalu aduk sampai menjadi pasta. Setelah itu, aplikasikan ke wajah sambil dipijat perlahan.

Jika sudah, biarkan masker selama 5 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Masker lidah buaya

Manfaat masker lidah buaya untuk kecantikan bisa digunakan untuk perawatan kulit berminyak secara alami. Lidah buaya diyakini bisa mengobati luka bakar, hingga mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.

Cara penggunannya pun sangat mudah, cukup mengoleskan gel lidah buaya segar secara langsung ke permukaan kulit. Biarkan hingga mengering sebelum membilasnya dengan air bersih.

Masker putih telur dan lemon

Kedua bahan ini bisa menjadi kombinasi yang pas sebagai perawatan untuk kulit berminyak.

Lemon diyakini bisa menyerap produksi minyak berlebih di wajah serta mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Caranya, campurkan putih telur dengan 1 sendok teh perasan air lemon dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan ke wajah dengan menggunakan kuas yang bersih atau dengan jari.

Biarkan masker hingga mengering, lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Mudah banget ya, guys perawatan wajah dengan bahan alami ini?

Masker oatmeal

Manfaat oatmeal ternyata bisa digunakan sebagai masker alami untuk perawatan wajah, salah satunya bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Masker oatmeal berperan untuk menyerap minyak berlebih pada wajah serta menenangkan kulit berjerawat yang sedang meradang.

Tak hanya itu, masker oatmeal juga bisa digunakan untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Caranya, siapkan 1/2 mangkok oatmeal dan 1 sendok makan madu.

Kemudian, campurkan oatmeal dengan air panas secukupnya dan aduk sampai merata. Lalu, campurkan pula madu yang sudah disiapkan tadi.

Aplikasikan pada wajah sembari dipijat lembut selama 3 menit, biarkan 10-15 menit sebelum dibilas dengan air.

Masker pisang dan madu

Masker alami untuk kulit wajah yang berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan masker buah pisang dan madu.

Caranya, campurkan 1/2 buah pisang yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan madu, dan 1/2 sendok teh kayu manis.

Lalu, Anda bisa mengoleskan masker dari campuran bahan alami tadi ke wajah. Biarkan selama 10 sampai 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Masker strawberry

Straweberry tidak hanya lezat untuk disantap, namun juga memiliki khasiat untuk perawatan kecantikan wajah, salah satunya untuk membantu mengatasi kulit berminyak.

Caranya, haluskan strawberry secukupnya, lalu langsung aplikasikan ke wajah hingga merata. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian dilanjut dengan membersihkannya dengan air hangat.

Apel dan madu

Tidak hanya strawberry, buah apel juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk kulit berminyak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa menambahkannya dengan madu.

Kedua kombinasi ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajah serta menyegarkan wajah. Caranya, haluskan apel dengan kulitnya dan campurkan sedikit madu, kemudian oleskan pada wajah.

Itulah beberapa masker dari bahan alami yang bisa digunakan untuk kulit wajah berminyak dan jerawat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,167FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan