Senin, 10 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ini Dia 6 Penyebab Seseorang Ngiler Saat Tidur

Ini Dia 6 Penyebab Seseorang Ngiler Saat Tidur

RANCAH POST – Mungkin Anda merasa tidak nyaman dengan ngiler setiap tidur. Namun, pernahkan Anda mencari tahu apa yang menjadi penyebab ngiler saat tidur?

Ketika ngiler saat tidur, wajah dan bantal pun akan menjadi basah karena dipenuhi dengan aliran air liur dari dalam mulut.

Selain itu, ngiler saat tidur itu juga membuat bantal kita menjadi beraroma tak sedap, bahkan baunya menjijikan.

Alhasil, Anda pun harus selalu mencuci setiap hari karena tidak ingin tidur dengan bantal yang bau iler.

Kebiasaan ngiler bisa disebut normal apabila tidak didasari suatu penyakit. Namun, Anda mesti waspada jika ngiler saat tidur itu diicu penyakit tertentu.

Banyak hal yang bisa menyebabkan Anda sering ngiler saat tidur, mulai dari kebiasaan, posisi tidur, hingga kondisi kesehatan.

Agar tidak bertanya-tanya lagi tentang penyebab ngiler ketika tidur, di artikel kali ini kami telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Penyebab Ngiler Saat Tidur

Seperti dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa penyebab seseorang ngiler ketika tertidur.

Posisi tidur

Ngiler saat tidur bisa disebabkan oleh posisi Anda ketika tidur. Orang yang posisi tidurnya miring, biasanya akan lebih sering ngiler.

Tak hanya itu, saat tertidur, otot-otot pada wajah dan rongga mulut jadi sangat rileks daripada ketika Anda tersadar.

Ketika semakin rileks, maka kontrol otot akan semaki rendah yang membuat mulut menjadi terbuka dan saliva mengalir keluar.

Mulut akan cenderung terbuka saat Anda tidur dengan posisi tidur miring atau tengkurap. Alhasil, air liur pun mudah mengalir keluar.

Infeksi sinus

Penyebab ngiler saat tidur selanjutnya adalah bisa karena infeksi saluran pernapasan seperti sinus.

Ketika kondisi ini ini terjadi, penderita pun akan mengalami masalah bernapas dan menelan. Oleh sebab itu, ngiler pun akan terjadi yang diakibatkan oleh akumulasi air liur yang berlebih.

Tak hanya itu, hidung yang tersumbat ketika sedang flu akan membuat seseorang cenderung bernapas melalui mulut. Akibatnya, air liur pun jadi berlebihan dan ngiler ketika tertidur.

Gangguan tidur

Gejala seseorang mengalami gangguan tdiur bisa ditandai dengan ngiler saat tidur. Masalah psikologi bisa menjadi penyebab gangguan ini muncul.

Gangguan tidur sering terjadi ketika seseorang sedang stres yang berlebihan atau pemicunya karena obat-obatan tertentu, atau bahkan akibat kurang tidur.

Terkadang, ngiler saat tidur juga dapat kita temui pada mereka yang memiliki masalah mengigau atau berjalan sambil tertidur.

Obat-obatan dan bahan kimia

Penyebab ngiler saat tidur juga bisa karena mengkonsumsi obat-obatan dan bahan kimia. Beberapa jenis obat dapat membuat produksi air liur menjadi berlebihan setiap harinya.

Contohnya, ketika Anda mengkonsumsi antidepresan dan obat mengandung morfin yang membuat produksi saliva meningkat.

Alergi

Tak hanya karena obat-obatan dan bahan kimia, ngiler saat tidur juga bisa disebabkan ketika Anda mengalami alergi seperti rhinitis serta alergi makanan atau minuman.

Beberapa hal tersebut bisa membuat produksi air liur menjadi berlebihan. Alhasil, kondisi ini bisa menyebabkan ngiler ketika sedang tertidur.

Radang tengggorokan dan radang amandel

Radang tenggorokan atau faringitis dan radang amandel bisa juga menjadi penyebab seseorang ngiler saat tidur.

Penderita faringitis kemungkinan akan kesulitan menelan karena sakit tenggorokan. Kondisi dapat disebabkan oleh virus atau bakteri serta bisa menimbulkan bercak merah dan putih pada tenggorokan.

Kemampuan menelan yang menurun, karena faringitis atau radang amandel bisa membuat air liur menjadi berlebihan di mulut dan membuat Anda ngiler saat tidur.

Itu dia, teman-teman beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab seseorang ngiler saat tidur. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,187FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan