Kamis, 9 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Posisi Tidur yang Baik dan Benar

Posisi Tidur yang Baik dan Benar

Posisi tidur yang baik dapat memberikan pengaruh bagi kesehatan Anda. Tak hanya itu, tidur dengan posisi yang baik akan meningkatkan kualitas tidur yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Waktu tidur bagi orang dewasa yang memiliki segudang aktivitas merupakan suatu momen yang paling dinanti. Tidur dalam waktu yang cukup bukan hanya menghilangkan rasa kantuk, namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga.

Saat sedang tidur, setiap orang pasti memiliki posisi yang berbeda-beda. Mungkin ada yang gemar tidur dengan posisi berbaring, terlentang atau bahkan tengkurap.

Perlu Anda ketahui, berbagai macam posisi tidur yang sering dilakukan setiap harinya dapat memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan.

Lalu, bagimana tidur dengan posisi yang baik dan betul? Di artikel kali ini kami akan membahas mengenai posisi tidur yang benar.

Sebelum menyimak soal posisi tidur yang baik dan benar. Harus kamu ketahui jika posisi tidur tidak baik dan benar, dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Kondisi tidur yang benar mesti disesuaikan terlebih dahulu dengan keadaan kesehatan seseorang. Karena jika posisi tidur yang salah, itu bisa membuat nyeri punggung dan memperparah nyeri yang telah ada sebelumnya.

Posisi Tidur Yang Baik

Berikut ini beberapa posisi tidur yang baik agar tidur menjadi lebih berkualitas. Yuk langsung kita simak.

Posisi tidur miring ke kanan

Jika kamu sering tidur dengan posisi miring ke kanan, itu memang sudah disarankan oleh pakar kesehatan. Selain itu, menurut keyakinan umat Islam posisi tidur miring ke kanan ini merupakan posisi yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Mengapa demikian? Karena bisa memberikan pengaruh pada proses keluar masuk oksigen agar lebih lancar dan bisa terhindar dari berhenti bernafas secara mendadak. Dipercaya posisi tidur tersebut juga bisa membantu proses metabolisme tubuh berjalan dengan sempurna.

Posisi tidur miring ke kiri

Menurut Mr. Michael Breus, tidur dengan posisi miring ke kiri ini dapat melancarkan peredaran darah. Tentunya itu baik untuk kesehatan Anda.

Posisi tidur yang benar saat menderita asam lambung atau GERD adalah dengan tidur miring kiri. Posisi tersebut memang sangatlah nyaman, karena ternyata tidur miring ke kiri dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Poisis terlentang dengan tangan ke atas

Posisi terlentang ini juga dapat menyehatkan punggung dan rileksasi tangan terlentang ke atas dan bisa melancarkan sirkulasi darah pada bagian wajah.

Selain itu, tidur dengan posisi terlentang dapat juga menghindari kerutan. Karena adanya ketertarikan otot saraf pada area tangan dengan wajah.

Posisi tidur tengkurap

Bagi kalian yang mungkin saat tidur memiliki kebiasaan mendengkur, posisi tidur tengkurap agaknya bisa Anda coba. Namun, posisi ini tidak baik untuk Anda yang sedang menderita nyeri leher dan punggung. T

idur tengkurap juga bisa menambah tekanan pada bagian otot leher dan saraf.  Jika Anda tetap tidur dengan poisi tengkurap, bisa menyebabkan kesemutan atau nyeri.

Tidur dengan posisi yang benar satu ini juga bisa berguna bagi Anda yang ingin menghindari keriput di wajah.

Cara tidur seperti ini sebaiknya dilakukan dengan menaruh sebuah bantal untuk menjadi penyangga dahi, kemudian posisikan wajah ke bawah, bukan ke kiri atau ke kanan. Cara tersebut dilakukan agar jalan napas Anda tetap terbuka dengan lancar.

Posisi tidur meringkuk

Posis tidur yang benar untuk ibu hamil salah satunya dengan meringkuk. Karena berbagai sumber kesehatan menyatakan jika posisi ini merupakan posisi yang aman bagi bayi dan dapat mempelancar sirkulasi darah ibu dan janin yang berada dalam kandungan.

Jika Anda ingin posisi tidur dengan meringkuk, sangat bagus jika miring ke sebelah kiri lantaran dapat membantu dalam penguatan liver dan jantung. Hal tersebut juga bisa dipraktikan bagi Anda yang sering mendengkur saat tidur.

Nah itu dia beberapa posisi tidur yang benar agar baik untuk kesehatan Anda. Tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat agar tubuh tetap bugar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,378FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan