Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ini Dia 7 Manfaat Kacang Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Ini Dia 7 Manfaat Kacang Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

RANCAH POST – Tidak hanya kacang tanah, ternyata kacang hitam juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Kamu wajib tahu!

Kamu mungkin sudah mencoba berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah hingga kacang hitam.

Masing-masing dari jenis kacang-kacangan tersebut tentunya mempunyai khasiat dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Perlu Anda ketahui, kacang hitam mengandung nutrisi seperti serat, asam lemak omega-3, protein, hingga kalsium.

Kacang hitam bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat untuk disantap bersama keluarga.

Di antaranya seperti dijadikan sebagai isian bakpao, campuran tumisan, campuran nasi, campuran sup, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu kehadiran kacang hitam dalam beberapa olahan tersebut menjadikannya semakin lezat dan menggugah seleramu untuk segera menyantapnya.

Selain itu, penting bagi kamu untuk mengetahui khasiat dari kacang hitam ini yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kacang Hitam

Seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber, berikut ini beragam khasiat yang terkandung di dalam kacang hitam.

Cegah penyakit kanker

Kacang hitam menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan karena bisa mencegah risiko penyakit kanker.

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam kacang hitam seperti selenium, sera, folat untuk DNA, saponin, dan fitonutrien sebagai antioksidan memiliki peran sebagai pencegah sel kanker.

Menyehatkan tulang

Menjaga tulang tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit itu sangat penting agar kita bisa tetap aktif di hari tua nanti.

Kacang hitam memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dengan beragam nutrisi yang ada di dalamnya, seperti mangan, fosfor, zinc, kalium, magnesium dan zat besi.

Mengontrol tekanan darah

Kacang hitam memiliki kandungan natrium yang rendah serta berbagai nutrisi lainnya yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, kamu harus lebih berhati-hati ketika membeli kacang hitam dalam bentuk kaleng. Lihat label kandungan nutrisi, dan pastikan kandungan natrium-nya rendah.

Bantu ringkankan masalah pencernaan

Manfaat kacang hitam bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu meredakan masalah pencernaan dengan kandungan protein dan serat di dalamnya.

Serat dan protein dapat membantu pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, memungkinkannya untuk membuat ‘sampah’ yang tak sehat menghilang.

Selain itu, mengkonsumsi kacang hitam juga bisa membantu membuatmu merasa kenyang lebih lama, karena protein dan serat pada kacang ini dicerna lebih lambat dari daging.

Cegah penyakit jantung

Sejumlah nutrisi yang terkandung di dalam kacang hitam memiliki peran dalam menjaga kadar kolesterol agar tetap normal dan juga baik untuk kesehatan jantung.

Tak hanya itu saja, kandungan quercetin dan saponin yang ada dalam kacang hitam dapat melindungi fungsi jantung.

Quercetin merupakan agen antiperadangan alami sebagai pelindung jantung dari kolesterol jahat. Sedangkan saponin bisa membuat lemak darah dan kadar kolesterol jahat dalam darah menurun.

Bantu turunkan berat badan

Manfaat kacang hitam selanjutnya baik untuk kamu yang sedang menjalani diet. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kacang hitam mengandung serat yang bisa memperlancar pencernaan dan mengenyangkan lebih lama.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, tentu dapat menekan nafsu makan yang berarti pas bagi kamu yang sedang diet.

Meningkatkan fungsi sistem saraf

Fungsi sistem saraf dapat meningkat dengan kandungan asam amino dan molibdenum yang disediakan kacang hitam,

Kangdungan folat di kacang hitam juga berperan penting dalam pengaturan asam amino yang diperlukan sistem saraf.

Tubuh yang kekurangan folat dapat menyebabkan kadar homosistein yang memicu penyakit neurodegeneratif meningkat.

Bagaimana, luar biasa bukan beragam manfaat kacang hitam bagi kesehatan tubuh? Meski bermanfaat, konsumsilah segala sesuatu dengan porsi yang tepat dan sesuaikan dengan kondisi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan