Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Tanda Diet yang Anda Jalani Tidak Sehat

6 Tanda Diet yang Anda Jalani Tidak Sehat

Beberapa tanda-tanda diet yang Anda jalani sehat atau tidak harus selalu diperhatikan, jangan sampai nantinya malah mempengaruhi kesehatan tubuh atau bahkan timbul penyakit.

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap orang tentunya menginginkan bentuk tubuh yang ideal memang menjadi idaman mereka.

Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari perawatan ke salon untuk perawatan kecantikan atau bahkan diet ketat. Seperti diet keto, diet mayo, diet vegan dan lain sebagainya.

Kendati demikian, masing-masing jenis diet tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri. Yang paling penting adalah kita harus melakukannya dengan cara yang benar.

Ambisi menurunkan berat badan terkadang membuat seseorang tidak memperhatikan apa saja efek sampingnya bagi kesehatan tubuh.

Perlu Anda ketahui, umumnya diet harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi, protein, serat dan elemen penting lainnya agar tubuh tetap sehat ketika kehilangan lemak dengan cepat.

Namun jika tidak, bisa saja diet yang awalnya dilakukan asal-asalan bisa berdampak buruk bagi tubuh. Lalu, apakah diet yang Anda lakukan sudah benar atau justru salah?

Jika penasaran, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa tanda diet yang Anda lakukan ternyata salah dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Tanda Diet Tidak Sehat

Langsung saja, berikut ini tanda-tanda diet yang Anda terapkan tak sehat. Mari kita simak pembahasannya.

Kulit Anda terlihat kusam dan bibir kering pecah-pecah

Segera perbaiki cara diet yang Anda terapkan jika kulit berubah menjadi kusam dan bibir pecah-pecah. Hal tersebut menandakan bahwa asupan zat gizi mikro dan hidrasi tubuh tidak terpenuhi kebutuhan hariannya.

Sering mengalami masalah pencernaan

Tanda penerapan diet yang salah bisa menimbulkan gangguan pencernaan, seperti sering mengalami sembelit atau bahkan diare.

Hal tersebut karena tubuh kesulitan beradaptasi terkait perubahan pola dan jenis makanan yang Anda pilih serta tidak sesuai dengan asupan gizi yang diperlukan tubuh.

Sering merasa lelah

Ketika melakukan aktivitas lalu Anda lebih mudah merasa lelah dari biasanya, hal ini perlu diwaspadai. Bisa jadi rasa lelah tersebut merupakan tanda-tanda diet yang tidak sehat.

Diet yang tidak tepat bisa membuat tubuh kekurangan energi cukup banyak. Organ, sistem, otot tubuh menjadi lebih mudah lelah disebabkan oleh energi basal tidak terpenuhi.

Selain mudah lelah, tubuh merasa kedinginan sepanjang hari juga bisa menandakan diet yang diterapkan kurang tepat. Kondisi ini karena cadangan energi dalam tubuh terus berkurang.

Mudah, bahkan sering merasa lapar dari sebelumnya

Diet untuk menurunkan berat badan supaya ideal memang harus lebih menahan memakan segala sesuatu yang bisa membuat diet kita gagal.

Tentu kita akan merasa lapar sepanjang waktu, tanda yang satu ini mungkin sudah dianggap lazim karena akan dirasakan oleh orang-orang yang sedang diet.

Namun, jika diet yang Anda lakukan tidak sehat dan tidak tepat rasa lapar sepanjang waktu yang dibiarkan terus menerus dapat membuat fungsi dasar organ dan sistem tubuh mengalami gangguan.

Hal tersebut karena fungsi organ dan sistem akan terus bekerja dengan keras untuk memenuhi kebutuhan energi dasar yang sehari-harinya tidak terpenuhi.

Depresi

Selain depresi, tanda diet yang tidak sehat bisa membuat Anda mudah lupa dan memiliki mood yang berubah-ubah. Kondisi ini disebabkan oleh asupan zat gizi yang tidak terpenuhi sehingga fungsi dan sistem saraf tubuh terganggu.

Sering jatuh sakit

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memenuhi semu elemen yang diperlukan tubuh dapat membuat kesehatan Anda terjaga dengan baik.

Sebaliknya, jika asupan dan cadangan energi tidak terpenuhi, sistem kekebalan tubuh dan fungsi organ terganggu hingga akhirnya tubuh mudah terserang penyakit.

Bagaimana, apakah tanda-tanda diet yang tidak sehat ada para diri Anda? Jika ada, segeralah beralih ke cara diet yang sehat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,394FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan