Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Wajib Tahu! Inilah Hal yang Menjadi Penyebab Alis Rontok

Wajib Tahu! Inilah Hal yang Menjadi Penyebab Alis Rontok

RANCAH POST – Tidak hanya rambut kepala saja yang bisa rontok, namun ternyata alis mata juga dapat mengalami hal tersebut. Lantas, apa penyebab alis mata bisa rontok?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kerontokan pada alis, mulai dari kondisi kesehatan kulit hingga proses penuaan alami.

Rontoknya bulu alias tak bisa terjadi pada semua gender, baik perempuan maupun laki-laki. Ada baiknya kamu harus selalu waspada dan jangan menganggapnya sepele.

Sementara itu, alis yang rontok tentu akan membuat penampilanmu jadi kurang maksimal. Apalagi zaman sekarang ini banyak yang mengidamkan alis tebal dengan bentuk yang rapi.

Banyak cara untuk membuat bulu alias tumbuh sumbur dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak jarak, minyak kemiri dan masih banyak yang lainnya.

Namun, sebelum mencoba cara-cara tersebut, ada baiknya kamu harus mengetahui dulu apa yang menyebabkan bulu alis mengalami kerontokan.

Penyebab Alis Rontok

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang menyebabkan kerontokan pada alis.

Stres

Stres bisa menjadi salah satu penyebab alis mengalami kerontokan. Perubahan hormon yang terjadi ketika kamu stres bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan alis.

Kamu pun bisa mengalami telogen effluvium yang berarti sebuah kondisi rambut yang rontok secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang tak wajar.

Ada masalah kulit

Penyebab bulu alis rontok selanjutnya adalah bisa karena kondisi kesehatan kulit. Seperti yang sudah kita ketahui, kulit merupakan tempat alis tumbuh dan bersemayam.

Otomatis, ketika ada masalah yang muncul pada kulit tentu akan berpengaruh juga pada alismu.

Eksim, psoriasis, seborrheic dermatitis atau infeksi pada folikel rambut bisa menimbulkan rasa gatal, kemerahan hingga peradangan di sekitar alis.

Ketika kamu menggaruk kulit di area masalah kulit ini dapat menyebabkan alis mengalami kerontokan.

Proses penuaan alami

Seiring bertambahnya usia, perubahan pada konsisi tubuh pun akan semakin jelas kamu rasakan, tak terkecuali pada bagian bulu alis.

Usia yang semakin tua biasanya alis mata juga semakin menipis karena diakibatkan kerontokan dibarengi berhentinya hormon memproduksi rambut.

Alhasil, proses penuaan secara alami ini bisa menjadi penyebab yang bisa membuat alis mengalami kerontokan.

Mencabut alis secara berlebihan

Apakah kamu sering mencabut alis? Jika iya, kamu harus berhati-hati karena kebiasaan ini bisa jadi penyebab alis jadi mudah rontok.

Banyak hal yang dijadikan alasan untuk mencabut bulu alis, salah satunya adalah karena ingin memiliki bentuk alis yang rapi dan cantik.

Ternyata, mencabut alis secara berlebihan dan terlalu sering bisa membuat folikel rambut rusak. Folikel yang mengalami kerusakan tidak dapat menghasilkan rambut baru.

Terjadi gangguan pada kelenjar tiroid

Tak hanya kebiasaan mencabut alis secara berlebihan, adanya gangguan pada fungsi kelenjar tiroid bisa menyebabkan kerontokan alis dan rambut.

Kelenjar tiroid memiliki peran untuk mengatur beragam fungsi tubuh dengan melepaskan hormon.

Ketika ada gangguan, tentu bisa berpengaruh juga pada pertumbuhan rambut, termasuk kondisi kerontokan rambut serta alis.

Kadar nutrisi yang ada dalam tubuh menurun

Penyebab alis rontok selanjutnya adalah penurunan kadar nutrisi yang terdapat dalam tubuh. Semua yang kita konsumsi tentu berpengaruh pada kebutuhan nutrisi dalam tubuh, tak terkecuali untu kulit, rambut, dan alis.

Umumnya kekurangan nutrisi yang bisa menjadi penyebab kerontokan ialah zat lemak, zar biotin, dan zat zinc. Masing-masing zat tersebut tentu memiliki peranan penting untuk rambut.

Itu dia, teman-teman beberapa hal yang bisa menjadi penyebab alis rontok. Selain itu, alis rontok juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, obat-obatan, ketidakseimbangan hormon dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,167FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan