Selasa, 29 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Penyebab Kedutan Mata Kiri Secara Medis

5 Penyebab Kedutan Mata Kiri Secara Medis

RANCAH POST – Bukan hanya terkait mitos-mitos yang sering beredar, kedutan di mata sebelah kiri ternyata ada penyebab medis yang mesti Anda ketahui.

Hampir setiap orang mungkin pernah atau bahkan sering mengalami yang namanya mata kedutan, baik itu sebelah kiri atau sebelah kanan.

Banyak kepercayaan-kepercayaan yang beredar terkait hal ini, mulai dari sebagai pertanda akan mendapatkan rezeki, mendapatkan kebahagiaan, dan lain sebagainya.

Apapun itu, ketika kedutan di mata ini terjadi, Anda mungkin merasa tidak nyaman apalagi ketika sedang melakukan suatu aktivitas.

Ketika kedutan terjadi, biasanya akan terasa berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis.

Kondisi ini bahkan terus terjadi secara tiba-tiba hingga berulang kali bahkan tidak terkendali. Mytokymia merupakan istilah medis dari mata kedutan.

Lantas apa saja yang bisa menyebabkan kedutan ini tiba-tiba terjadi begitu saja? Melansir dari berbagai sumber, berikut pembahasannya untuk Anda.

Penyebab Kedutan Mata Kiri

Ternyata, ada beberapa kegiatan-kegiataan sehari-hari yang sering Anda lakukan dapat menyebabkan kedutan terjadi.

Terlalu lama menatap layar gadget

Bermain gadget merupakan kegiatan yang sering dilakukan, bahkan hampir oleh setiap orang, mulai dari muda hingga tua.

Di zaman serba canggih ini, gadget seakan menjadi kebutuhan primer yang tak boleh terlewatkan. Agaknya dalam setiap hari tidak ada waktu tanpa bermain gadget.

Namun, terlalu lama menatap layar gadget juga bisa menyebaban kedutan di mata kiri atas. Otot mata akan lelah ketika Anda seharian menatap layar komputer atau gagdet.

Apalagi kalau kondisi mata kering, Anda akan lebih rentan mengalami kedutan di mata kiri.

Penggunaan obat tertentu

Penyebab kedutan di mata kiri atas selanjutnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu. Apakah Anda sering menggunakan obat-obatan tertentu?

Obat atiepileptik dan antipsikotik dapat mempengaruhi saraf dan otot, sehingga dapat membuat otot tegang dan tubuh gemetaran.

Tak hanya itu, obat diuretik sebagai pencegah penumpukan cairan dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab tubuh kekurangan magnesium.

Tubuh sangat memperlukan magnesium yang berguna untuk menunjang kerja saraf dan otot. Jika kebutuhan magnesium tak tercukupi, otot tubuh pun bisa rentan mengejang.

Kurang tidur

Manfaat tidur yang cukup memang sangat baik untuk kesehatan, sebaliknya jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan kedutan di mata kiri. Untuk itu, ada baiknya Anda lebih memperhatikan waktu tidur, jangan sampai kurang atau lebih.

Mengkonsumsi kafein berlebihan

Mengkonsumsi kafein berlebihan ternyata dapat menjadi penyebab kedutan di mata kiri atas.

Mengkonsumsi minuman mengandung kafein kafein dapat merangsang otot tubuh menjadi tegang. Saat kafein masuk ke tubuh, zat tersebut akan merangsang otak.

Terlalu banyak minum kafein dapat membuat otot tubuh mengejang dan berisiko timbulnya kedutan mata kiri atau mata kanan.

Hemifacial spasm

Hemifacial spasm adalah iritasi yang terjadi pada saraf wajah. Kondisi ini bisa dikarenakan rusaknya struktur otak dalam dan membuat pembuluh darah membesar yang bisa menekat saraf terlalu kuat.

Hemifacial spasm dapat menjadi salah satu gejala yang menyebabkan kedutan terjadi. Kedutan di mata dapat Anda rasakan selama berhari-hari atau bulau hingga saraf tidak tertekan lagi.

Nah, itulah beberapa penyebab kedutan di mata kiri atas yang mungkin pernah Anda alami. Selain itu, ada juga kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan kedutan terjadi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,943FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan