Selasa, 7 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Kebiasaan yang Bisa Jadi Penyebab Varises Muncul

5 Kebiasaan yang Bisa Jadi Penyebab Varises Muncul

RANCAH POST – Banyak hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya varises, salah satunya adalah kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda lakukan setiap hari.

Apa itu varises? Varises adalah kondisi di mana terjadinya pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena yang warnya biru keunguan.

Ketika seseorang mengalami varises, vena akan tampak menonjol atau berliku-liku. Urat-urat yang menonjol dan berwarna biru keunguan ini menurut sebagian orang dinilai cukup mempengaruhi penampilan mereka menjadi kurang maksimal.

Apalagi bagi kaum wanita yang sering mengenakan celana atau rok pendek. Hal utama yang bisa menyebabkan varises ialah darah yang menumpuk di pembuluh darah akibat lemahnya katup pembuluh darah.

Kondisi ini dapat terjadi diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari cedera, terkait usia, bahkan hingga kegiatan dan kebiasaan yang sering dilakukan setiap harinya.

Apakah Anda menyadari jika beberapa kebiasaan yang sering Anda lakukan setiap hari dapat menyebabkan varises?

Bagi Anda yang belum atau sudah mengalami varises, ada baiknya untuk mengetahui apa saja kebiasaan tersebut.

Dengan begitu, Anda mungkin bisa lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas setiap harinya.

Kebiasaan Penyebab Varises

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan varises.

Menyilangkan kaki

Siapa sangka, menyilangkan kaki dapat juga memicu terjadinya spider veins (jenis varises). Hal tersebut terjadi lantaran adanya tekanan posisi yang dapat diletakkan pada kaki serta pinggul.

Kemudian dapat membuat pembuluh darah membesar hingga berubah jadi spider veins. Kebiasaan ini mungkin dianggap sepele olehh sebagian orang, namun jika tidak ingin mengalami varises, segeralah hindari.

Mengenakan sepatu hak tinggi

Sebagian wanita agaknya banyak yang menyukai mengenakan sepatu hak tinggi ketika sedang beraktivitas, baik itu bekerja atau pun menghadiri suatu acara.

Dengan memakai sepatu hak tinggi, mereka memang terlihat anggun dan cantik. Namun, di balik itu semua ada hal yang harus diwaspadai.

Kebiasaan mengenakan sepatu hak tinggi dapat menjadi salah satu penyebab varises muncul.

Hal tersebut karena ketika kita berjalan atau berdiri, sepatu hak tinggi membuat aliran darah berhenti di betis.

Alhasil, kondisi tersebut bisa menyebabkan stagnansi dan membesarnya pembuluh darah. Untuk itu, lebih bijaklah dalam pemaikaian dang mengetahui tips menggunakan sepatu hak tinggi yang baik.

Duduk terlalu lama

Tidak hanya memakai sepatu hak tinggi saja, ternyata bagi Anda yang memiliki kebiasaan duduk dalam waktu yang sangat lama juga perlu waspada. Duduk terlalu lama bisa membuat darah menggenang di kaki.

Tanpa adanya bantuan kontaksi otot untuk memompa darah kembali ke atas, varises pun bisa muncul. Untuk itu, ada baik Anda melakukan gerakan sebentar saat sudah duduk terlalu lama.

Berdiri terlalu lama

Sama halnya dengan duduk, berdiri terlalu lama juga bisa menjadi kebiasaan penyebab munculnya varises. Ketika berdiri, berat badan akan tertumpu pada satu temapy saja.

Dengan demikian, darah pun berkumpul dan membuat pembuluh darah melemah yang akhirnya munculah varises.

Salah ketika mencukur bulu kaki

Kebiasaan mencukur bulu kaki yang salah seperti terlalu terburu-buru dan sembarangan bisa menyebabkan timbulnya varises.

Hal ini dapat diperburuk dengan Anda yang sering mencabuti bulu kaki. Luka yang timbul pada kaki akibat bercukur dapat membuat sirkulasi darah di daerah kaki terganggu.

Selain itu, dapat juga memberikan banyak terkanan pada pembuluh darah untuk mengatasi permasalahan itu.

Cobalah untuk menghindari juga kebiasaan mencukur bulu kaki dengan arah berlawanan karena bisa juga menyebabkan varises.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab timbulnya varises. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,389FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan