Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Hati-hati! Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Makanan Pedas

Hati-hati! Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Makanan Pedas

RANCAH POST – Terlalu sering makan makanan bercita rasa pedas ternyata dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya maag akut.

Bagi pencinta hidangan pedas, tentunya ketika melihat makanan pedas akan sangat tergoda untuk segera menyantapnya.

Mungkin menurut mereka mengkonsumsi makanan tanpa ada rasa pedas akan dianggap hambar dan tidak menantangg.

Makanan pedas memang memiliki manfaat, salah satunya adalah mencegah kanker. Namun jiga terlalu banyak dan terlalu sering dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Anda tentu tidak ingin bukan mengalami beberapa gangguan kesehatan hanya karena kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering?

Namun, jika tetap memaksakan diri untuk terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas, beberapa bahaya di bawah ini mungkin saja dapat Anda alami.

Bahaya Terlalu Sering Makan Pedas

Melansir dari Berbagai sumber, berikut ini beberapa bahaya yang dapat timbul jika Anda mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering.

Insomnia

Bagi Anda yang memiliki masalah tidur atau insomnia, siapa tahu penyebabnya karena beberapa makanan yang Anda konsumsi.

Tidak disangka, ternyata terlalu sering makan makanan pedas bia menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia alias kesulitan tertidur pada malam hari.

Efek dari makanan pedas yang Anda konsumsi memang biasanya tidak akan langsung dirasakan. Bisa saja, efeknya akan timbul setelah beberapa jam Anda mengkonsumsinya.

Ketahuilah, makanan pedas bisa meningkatkan waktu terjaga dan sleep onset latency yang merupakan waktu antara bangun penuh sampai tertidur.

Diare

Selain susah tidur, masalah kesehatan yang dapat Anda rasakan dari bahaya terlalu sering makan makanan pedas adalah diare.

Setiap orang tentu memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika mengkonsumsi makanan pedas. Ada yang mudah terkena diare dan ada yang tidak.

Namun untuk berjaga-jaga, hindarilah mengkonsumi makanan pedas terlalu sering dan terlalu berlebihan jika tidak ingin mengalami masalah pencernaan yang satu ini.

Sensitivitas lidah dapat menurun

Anda mungkin sering mencoba makanan pedas dengan level tertentu. Setelah mencoba level rendah, kemungkinan Anda menginginkan makanan dengan level kepedasan yang lebih tinggi lagi.

Namun ternyata, semakin pedas makanan, ternyata dapat menimbulkan luka yang makin parah juga di lidah.

Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, bisa saja membuat sensitivitas lidah terhadap rasa menjadi berkurang.

Jika sudah terjadi kerusakan lidah akibat sensasi pedas, sensitivitas lidah kita juga bisa menurun terhadap rasa manis, asin, gurih, asam, dan pahit. Wah, ngeri bukan guys?

Menyebabkan penyakit maag akut

Terlalu sering dan banyak makan makanan pedas dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan lambung, bahkan dapat menyebabkan penyakit maag akut.

Ketika kita makan makanan pedas terlalu sering, permukaan lambung pun dapat rapuh. Alhasil lambung pun mudah terluka.

Oleh sebab itu, makan makanan pedas dapat memicu terjadinya gastritis atau maag akut yang diakibatkan terjadinya peradangan pada lapisan lambung.

Biasanya penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti mual, muntah, perut kembung, dan diare.

Refluks asam

Refluks asam yang merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan ini dapat terjadi akibat terlalu banyak makan makanan pedas.

Kondisi tersebutlah yang bisa menjadi penyebab rasa panas seperti terbakar pada saluran kerongkongan.

Refluks asam dapat menjadi pemicu GERD, luka pada kerongkongan, dan atypical syndrome yang bisa mengganggu kegiataan Anda.

Itu dia, guys beberapa bahaya yang timbul akibat terlalu sering makan makanan pedas. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan