Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Makanan yang Bisa Membuat Susah Tidur di Malam Hari

7 Makanan yang Bisa Membuat Susah Tidur di Malam Hari

RANCAH POST – Banyak hal yang dapat membuat susah tidur, salah satunya adalah makanan. Efek makanan yang dikonsumsi ternyata ada yang bisa membuat kita insomnia.

Orang-orang akan merasa sangat kesal dan tidak nyaman ketika mengalami kesulitan tertidur, apalagi ketika besoknya harus bangun pagi untuk beraktivitas.

Seperti diketahui, manfaat tidur sangat baik bagi kesehatan. Sebaliknya, jika kita tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, dapat menimbulkan beberapa dampak yang buruk.

Di antaranya dapat memicu masalah kesehatan yang serius, merasa lelah, hingga tidak bersemangat saat hendak melakukan aktivitas sepanjang hari.

Setiap harinya minimal kita membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur, jika kurang maka kita akan mengalami dampak buruknya.

Ternyata tidak hanya gaya hidup, namun beberapa makanan yang kita konsumsi ada yang bisa menyebabkan insomnia alias susah tidur.

Apa saja makanan itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beragam makanan yang bisa bikin Anda susah tidur di malam hari.

Makanan yang Membuat Susah Tidur

Untuk mengatasi insomnia, salah satu caranya kita perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Makanan yang mengandung lemak tinggi

Bagi Anda yang memiliki masalah insomnia, cobalah perhatikan apa saja makanan yang sering Anda konsumsi setiap harinya.

Salah satu makanan yang bisa menyebabkan insomnia adalah makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak tinggi dapat membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum Anda tertidur.

Apabila Anda tidur setelah mengkonsumsi makanan ini, bisa saja menimbulkan masalah kesehatan, yakni meningkatnya risiko heartburn (asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

Cokelat hitam (dark chocolate)

Siapa sangka, makanan yang menjadi favorit semua kalangan ini dapat membuat seseorang susah tidur ketika Anda menjadikannya camilan di malam hari.

Dark Chocolate memang memiliki manfaat dengan kandungan antioksidan-nya yang melimpah, namun kadar kafein yang ada di dalamnya juga tinggi. Kafein yang terkandung dalam cokelat bisa membuat kesigapan kita meningkat.

Makanan pedas

Bagi penggemar makanan bercita rasa pedas, sebaiknya hindari mengkonsumsinya ketika sebelum tidur di malam hari.

Jika memaksakan diri, Anda pun akan sulit mengantuk. Makanan pedas dapat menambah temperatur tubuh yang membuat sirkulasi darah bergerak cepat.

Untuk itu, lebih baik konsumsilah makanan pedas dengan waktu yang tepat, dan jauh sebelum Anda hendak tidur.

Teh

Makanan dan minuman yang bisa membuat susah tidur selanjutnya adalah teh. Ini perlu diperhatikan bagi Anda penggemar minum teh.

Teh, terutama jenis matcha dan green tea memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibandingkan dengan kopi.

Otomatis, jika Anda meminum salah satu dari kedua teh tersebut bisa membuat mata tetap terjaga di malam hari.

Alkohol

Alkohol dapat menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami susah tidur. Minuman keras memang tidak berdampak secara langsung pada insomnia.

Akan tetapi, alkohol memiliki efek rebound, yang artinya dapat berpotensi membuat Anda terbangun di malam hari lalu susah untuk kembali tertidur lelap.

Daging merah

Makanan yang dapat membuat Anda susah tidur berikutnya adalah daging merah. Daging merah dapat membuat organ pencernaan bekerja ekstra.

Minum air putih terlalu banyak sebelum tidur

Manfaat air putih untuk kesehatan memang sangat luar biasa dan kita pun dianjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya.

Namun, hindarilah minum air putih terlalu banyak dapat mengganggu kualitas tidur Anda karena harus bolak-balik ke toilet untuk kencing tengah malam.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat Anda susah tidur. Karena sudah tahu, hindarilah mengkonsumsi makanan dan minuman di atas sebelum tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan