Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 5 Kebiasaan Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

5 Kebiasaan Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

RANCAH POST – Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin sering Anda lakukan dapat menjadi penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah tentu merupakan hal umum yang tentunya pernah dialami orang-orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Namun, kondisi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Khususnya bagi para wanita karena penamilan pun jadi kurang maksimal akibat lipstik kurang menempel dengan sempurna.

Tak hanya itu saja, bibir kering dan pecah-pecah dapat menimbulkan luka dan rasa perih karena kulit-kulit mengelupas.

Perlu diketahui, bibir tidak mengandung kelenjar minyak seperti area kulit yang lain. Hal tersebut artinya bibir lebih rentan kering dan pecah-pecah.

Cara mengatasi bibir kering bisa dilakukan dengan melakukan perawatan sederhana, bahkan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir apa yang menjadi penyebab bibir selalu kering? Karena ternyata, kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin sering Anda lakukan dapat menjadi penyebabnya.

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Berikut ini beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, perlu Anda hindari!

Menjilat bibir

Apakah Anda sering melakukan kebiasaan ini? Jika iya, segeralah hentikan karena kebiasaan ini bisa membuat bibir Anda menjadi kering dan pecah-pecah.

Biasanya orang-orang menjilat bibir dengan tujuan untuk membuat bibir lembab dengan cara yang cepat dan mudah.

Memang cara ini dapat memberikan kelembaban, namun hanya sementara dan nantinya bibir akan semakin kering.

Menjilat bibir terlalu berlebihan dapat membuat kulit bibir kering. Air liur dapat menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan mengambil kelembaban alaminya.

Tidak minum air putih yang cukup

Tidak hanya menjilat, tidak minum air putih yang cukup juga menjadi kebiasaan penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Ketika Anda tidak minum air putih yang cukup setiap harinya, dapat memungkinkan terjadinya dehidrasi.

Dehidrasi dapat menimbulkan dampak buruk, mulai dari keseimbangan mineral alami tubuh, kerusakan sistem organ dalam tubuh, hingga berdampak pad kulit.

Penurunan produksi urine, sembelit, pusing, mulut dan bibir kering, hingga sakit kepala merupakan gejala-gejala yang dapat Anda rasakan ketika dehidrasi.

Jika tidak ingin mengalami dehidrasi, sebaiknya cukup kebutuhan cairan dengan minum 8 hingga 12 gelas air setiap harinya.

Bernapas melalui mulut

Kebiasaan sepele ini sebaiknya harus dihindari agar tidak mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Ternyata, bernapas melalui mulut dapat menyebabkan bibir kering karena dapat menghilangkan kelembabab bibir yang membuatnya menjadi kering.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin atau pedas

Apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya? ya, yakni kebiasaan mengkonsumsi makanan asin atau pedas terlalu banyak.

Garam yang terkandung dalam makanan asin dan pedas dapat mengiritasi lapsan kulit bibir dan menyebabkan peradangan.

Makanan asin dan pedas mungkin menjadi favorit Anda, namun jika tidak ingin mengalami bibir kering dan pecah-pecah, lebih bijaklah dalam mengkonsumsinya.

Mengigit bibir

Sama halnya dengan menjilat bibir, mengigit bibir juga disarankan untuk tidak dilakukan karena bisa menganggu kesehatan bibir Anda.

Biasanya kebiasaan ini dilakukan ketika seseorang merasa gugup dan cemas, sedang memusatkan konsentrasi pada hal tertentu, hingga hanya untuk mengatasi rasa bosan.

Namun, ketika melakukan kebiasaan ini, gigi akan mengiritasi bibir, membuat lapisannya terkoyak dan redak, bahkan dapat juga sampai berdarah.

Itu dia, teman-teman beberapa kebiasaan yang dapat menjadi penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan bibir agar kulit bibir tetap sehat, segar, dan indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan