Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Makanan Lezat Penghilang Stres, Boleh Dicoba!

7 Makanan Lezat Penghilang Stres, Boleh Dicoba!

RANCAH POST – Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan penghilang stres yang sedang teman-teman alami saat ini.

Penyebab stres yang setiap orang alami tentu berbeda-beda, namun biasanya stres dialami ketika ada suatu masalah yang sedang dihadapi.

Stres yang terus berlanjut dan berkepanjangan dapat menimbulkan beberapa dampak buruk, seperti pada fungsi pencernaan, daya tahan tubuh, dan sistem syaraf.

Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan stres, mulai dari pergi ke suatu tempat hingga ngemil yang membuat Anda makan berlebihan.

Akan tetapi, mengkonsumsi makanan yang terlalu berlebihan bisa membuat berat badan naik, dan ini akan menambah stres yang dirasakan.

Nah, kali ini Rancah Post punya beberapa rekomendasi makanan sehat yang dapat membantu menghilangkan stres yang sedang Anda alami.

Makanan Penghilang Stres

Penasaran apa saja makanan-makanan tersebut? Langsung saja, berikut pembahasannya untuk Anda.

Kacang almond

Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menghilangkan stres adalah kacang almond. Kacang almond sangat cocok dijadikan teman ngemil dikala pikiran sedang stres.

Selain rasanya yang lezat dan membantu meredakan stres, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kandungan yang terdapat di dalamnya seperti vitamin B, vitamin E, magnesium, zat besi.

Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai penghilang stres. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membantu otak membuat serotonin (hormon mood baik).

Serotonin bersifat antioksidan dan dapat menenangkan yang membuat stres yang sedang alami mereda.

Buah berry

Buah beri bisa menjadi penghilang stres. Ini termasuk pada buah-buahan berry seperti raspberry, strawberry, blackberry, blueberry.

Buah-buahan tersebut memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan dapat membantu meredakan stres.

Anda bisa mengkonsumsi salah satu dari buah berry tadi sebagai sarapan pagi yang dipadukan dengan sereal, oatmeal, dan yogurt. Yummy banget bukan?

Cokelat

Makanan penghilang stres pikiran yang satu ini agaknya yang paling digemari semua orang, mungkin termasuk Anda.

Banyak penelitian yang menunjukkan jika cokelat bisa mengurangi hormon stres dalam tubuh. Salah satu cokelat yang baik dikonsumsi adalah dark chocolate.

Dark chocolate diyakini bisa menurunkan terkanan darah yang dapat menjadi pemicu perasaan tenang.

Jangan sering-sering tapi guys, cukup makan dark chocolate sebagai cemilan satu minggu sekali.

Alpukat

Alpukat bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk membantu meredakan stres. Buah yang satu ini memiliki kandungan glutathione yang bisa memblokir penyerapan lemak tertentu di usus.

Kandungan lutein, vitamin E, folat, beta karoten yang ada di dalam alpukat juga tentunya memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Kandungan kalium yang ada pada alpukat juga berfungsi menenangkan sehingga tingkat stres dapat menurun. Akan tetapi, konsumsilah alpukat secukupnya saja ya, guys.

Teh

Selain makanan, ada juga minuman yang dapat dijadikan sebagai penghilang stres, yakni teh.

Minum teh di pagi hari dapat membantu menjaga mood-mu tetap baik. Teh hijau merupakan teh yang baik untuk Anda konsumsi.

Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan yang pastinya baik untuk kesehatan tubuh kita. Teh hijau juga cocok diminum karena dapat membantu menurunkan berat badan.

Sayuran berdaun hijau

Manfaat sayuran untuk kesehatan memang sangat luar biasa. Ternyata, sayuran berdaun hijau dapat menjadi makanan yang dapat membantu menghilangkan stres.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan asparagus memiliki kandungan folat yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang bisa merangsang kebahagiaan.

Nah, itulah beberapa makanan penghilang stres yang dapat Anda konsumsi. Namun jangan berlebihan mengkonsumsinya ya, guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan