22.9 C
Ciamis
BerandaLifestyleKesehatanDark Chocolate Ternyata Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi

Dark Chocolate Ternyata Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi

RANCAH POST – Siklus menstruasi Anda tidak teratur? Coba perhatikan asupan yang Anda konsumsi sehari-hari. Bisa jadi pengaruhnya berasal dari makanan yang tak tepat.

Ya, makanan ternyata memiliki pengaruh penting bagi kelancaran siklus menstruasi. Karenanya, Anda perlu selektif memilih makanan agar siklus menstruasi lancar setiap bulan.

Berikut makanan-makanan yang membuat menstruasi jadi lancar, sebagaimana dilansir Theadventurouswriter.

Asam lemak omega-3
Pembuluh darah di ovarium Anda kecil dan membuat mereka rentan terhadap kerusakan dan sirkulasi yang buruk. Merokok, obesitas, dan kolesterol tinggi yang buruk dapat memengaruhi pembuluh darah ovarium Anda.

Minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, melawan efek penuaan, dan meningkatkan dopamin (meningkatkan suasana hati Anda).

Dr Booth merekomendasikan menambahkan suplemen minyak ikan untuk diet Anda dan bukan diet tinggi ikan (karena merkuri di beberapa ikan tuna, ikan makarel, dan lainnya).

Hindari makanan berwarna putih
Jika Anda berasumsi bahwaka makanan putih itu sehat, sebaiknya berpikir ulang karena kemungkinan makanan itu diproses secara tidak sehat. Untuk membaut siklus menstruasi teratur, hindari tepung putih, gula, kentang putih, roti putih, dan nasi putih. Makanan ini mengganggu siklus menstruasi Anda dan menciptakan lonjakan insulin yang menyebabkan penyimpanan lemak. Penyimpanan lemak berlebih ini bisa memengaruhi ovulasi dan menstruasi Anda yang menyebabkan menstruasi tak teratur.

Protein
Temukan sumber protein yang seimbang untuk keseimbangan hormonal. Semakin Anda menyeimbangkan hormon, siklus menstruasi makin teratur. Protein nabati sangat baik meningkatkan kesuburan dan keseimbangan hormonal. Makanlah almond, kacang, keju, telur rebus, sarden kaleng, dan edamame.

Vitamin D
Vitamin D meningkatkan keseimbangan antara sel-sel Anda dan menstabilkan hormon. Vitamin ini juga penting untuk melindungi kanker terutama kanker payudara, usus besar, ovarium, dan kanker prostat. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D, seperti ada dalam tuna, kuning telur, salmon, dan sarden. Untuk meningkatkan asupan vitamin D, pastikan Anda mencukup sinar matahari.

Dark chocolate
Cokelat mengandung flavonoids yang memiliki fungsi seperti estrogen dimana membantu meningkatkan sirkulasi dengan mengurangi penggumpalan trombosit.

Stay Connected

104,855FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here