Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Penting untuk Diketahui, Inilah Manfaat Leunca Untuk Kesehatan

Penting untuk Diketahui, Inilah Manfaat Leunca Untuk Kesehatan

RANCAH POST – Bagi penggemar leunca, perlu diketahui kalau leunca ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Leunca merupakan sejenis tanaman buah yang masih berkererabat dengan terong. Tanaman ini banyak tumbuh di beberapa wilayah di Asia, tak terkecuali di Indonesia.

Leunca banyak dikonsumsi ketika sudah diolah menjadi masakan yang lezat seperti oseng leunca, dan karedok leunca.

Selain itu, leunca juga bisa konsumsi sebagai lalapan. Ketika menyantapnya dengan nasi hangat dan sambal, dijamin ingin nambah dan nambah terus.

Leunca memang memiliki rasa yang sedikit pahit, namun jangan salah, karena leunca ternyata memiliki segudang manfaat yang baik kesehatan tubuh kita.

Meski memiliki manfaat, ada baiknya untuk mengkonsumsi leunca dalam porsi secukupnya, jangan berlebihan.

Karena sesuatu yang berlebihan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Leunca Untuk Kesehatan

Langsung saja, berikut ini beragam manfaat leunca yang tentunya baik buat kesehatan Anda.

Mengoptimalkan fungsi ginjal

Mungkin masih ada sebagian orang yang masih belum mengetahui mengenai manfaat leunca yang ternyata baik bagi kesehatan ginjal.

Leunca mengandung antioksidan yang diyakini bermanfaat untuk ginjal. Zat antioksidan dapat menjaga ginjal tetap sehat dan terhindar dari kerusakan sel-sel di dalamnya.

Dengan begitu, peran ginjal dalam menyaring dan membuang racun-racun pada sisa makanan akan berlangsung optimal.

Jaga kesehatan mata

Leunca memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata yang perlu Anda ketahui. Hal tersebut karena leunca mengandung vitamin A yang berfungsi untuk merawat dan mengoptimalkan fungsi mata.

Leunca dapat menjadi salah satu makanan yang dapat memenuhi asupan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Namun ingat, konsumsi secukupnya saja ya, guys.

Sebagai alat kontrasepsi alami

Manfaat leunca yang satu ini mungkin dapat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program keluarga berencana (KB).

Kenapa bisa? Ya, karena leunca dapat menjadi alternatif alat kontrasepsi alami. Melansir dari Doktersehat.com, salah satu cara mencegah kehamilan adalah dengan khasiat yang ada pada leunca.

Makan leunca diyakini bisa membuat kualitas dan kuantitas sperma berurang, alhasil dapat meminimalisir terjadinya kehamilan.

Kendati begitu, manfaat leunca sebagai alat kontrasepsi alami ini masih belum ada penelitian secara spesifik yang membuktikannya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak bergantung pada leunca untuk mencegah kehamilan.

Bantu atasi demam

Manfaat leunca untuk kesehatan selanjutnya yakni sebagai obat alami demam. Sifat antipiretik yang terdapat pada leunca dapat membantu menurunkan panas.

Atasi infeksi saluran kemih (ISK)

Tak hanya mengatasi demam, leunca juga bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengatasi infeksi saluran kemih (ISK).

Hal tersebut karena leunca memiliki kandungan senyawa antidiuretik yang bisa memperlancar laju urinasi.

Dengan mengkonsumsi leunca, diyakini dapat membuat kita terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Merawat kesehatan kulit

Tak hanya untuk kesehatan, manfaat buah leunca juga baik untuk kecantikan, yakni dapat merawat kesehatan kulit.

Leunca memiliki kandungan vitamin C yang dapat merawat kesehatan kulit. Vitamin C bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel kulit.

Terjadinya kerusakan sel kulit dapat berdampak pada beberapa masalah kulit, seperti flek hitam, dan munculnya garis halus.

Itu dia, teman-teman sederet manfaat leunca untuk kesehatan dan kecantikan. Luar biasa bukan? Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi Anda penggemar leunca. Semog bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan