Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Bahaya Akibat Kelebihan Vitamin C

7 Bahaya Akibat Kelebihan Vitamin C

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun jika kelebihan mengkonsumsi vitamin C bisa menimbulkan akibat yang tak baik bagi tubuh.

Beberapa manfaat vitamin C untuk tubuh di antaranya bisa membuat kulit tetap sehat, memperbaiki mood, membantu mengobati kanker, dan lain sebagainya.

Salah satu manfaatnya yang cukup dikenal sekarang ini yakni bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di tengah wabah virus corona (Covid-19), menjaga sistem kekebalan sangat penting menangkal virus tersebut.

Namun sebaiknya konsumsilah secukupnya dan jangan berlebihan. Ketahuilah sesuatu yang berlebihan bisa berdampak tak baik nantinya.

Akibat Kelebihan Vitamin C

Lalu, apa saja bahaya apabila kelebihan vitamin C? Berikut Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Terjadi gangguan pada saluran pencernaan

Ketika mengkonsumsi vitamin C terlalu banyak dampak berdampak tidak baik untuk kesehatan dan bisa menjadi penyebab saluran pencernaan mengalami iritasi.

Jika sudah iritasi, tak menutup kemungkinan dapat menimbulkan peradangan yang menyebabkan gangguan pencernaan, bahkan bisa juga berpotensi mengalami diare.

Kemungkinan terburuk ketika kondisi terus berlanjut dapat menimbulkan gejala-gejala seperti muntah-muntah sehingga membuat tubuh Anda dehidrasi, lemas, dan banyaknya urine yang dikeluarkan tubuh berkurang.

Sulit tidur atau insomnia

Penyebab insomnia ternyata tidak hanya disebabkan oleh kondisi stres yang dialami si penderita, namun bisa juga akibat kelebihan vitaminc C tanpa dibarengi asupan vitamin lainnya.

Jika terus dibiarkan, insomnia atau kesulitan tidur yang Anda alami bisa menyebabkan gangguan seperti proses regenerasi sel serta metabolisme, daya ingat menurun, penurunan sistem imun dan lainnya.

Selain itu, kurangnya waktu tidur akibat insomnia dapat mengganggu aktivitas dalam keseharian yang sering Anda lakukan karena sulit berpikir jernih dan berkonsentrasi dalam bekerja.

Asupan nutrisi jadi tidak seimbang

Akibat mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C terlalu berlebihan dapat membuat asupan nutrisi jadi tidak seimbang. Penyerapan vitamin B12 dalam tubuh dapat gagal.

Jika demikian, tentu tubuh bisa kekurangan asupan vitamin B12. Selain makanan, tubuh menjadi kesulitan menyerap nutrisi bisa juga karena mengkonsumsi suplemen vitamin C berdosis tinggi.

Pemicu batu ginjal

Tubuh yang kelebihan vitamin C bisa memicu risiko terkena batu gintal. Hal tersebut karena produksi oxalate yang dihasilkan sangat tinggi.

Jumlah oxalate yang tinggi bisa bercampur dengan kalsium di aliran darah, jika dibiarkan zat tersebut bisa menyebabkan batu ginjal.

Untuk menghindari kondisi ini terutama bagi Anda yang punya masalah pada ginjal, disarankan untuk menghindari suplemen vitamin C berdosis tinggi.

Sayangi tubuh Anda, jangan biarkan ginjal Anda mengalami masalah hanya karena kecerobohan Anda dalam mengonsumsi vitamin C terlalu berlebihan.

Menyebabkan sariawan

Banyak yang mengira sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, namun ternyata kelebihan vitamin C berpotensi lebih besar sebagai penyebab sariawan itu muncul.

Tidak salah memang, tubuh yang kekurang vitamin C bisa terkena sariawan, tetapi kelebihan juga bisa menimbulkan sariawan di sekitar lidah, gusi dan tenggorokan.

Menyebabkan kerusakan pada organ

Mengkonsumsi vitamin C memang baik untuk membantu tubuh dalam proses penyerapan zat besi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan zat besi ke dalam tubuh.

Jika hal tersebut terjadi dapat menimbulkan kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti kelenjar tiroid, jantung, sistem saraf pusat, hati, dan pankreas.

Refluks asam lambung

Selain mengganggu saluran pencernaan, akibat kelebihan mengkonsumsi vitamin C juga bisa menimbulkan masalah pada lambung.

Apalagi bagi Anda yang sering mengalami masalah pada lambung, hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman yang kandungan vitamin C-nya tinggi.

Vitamin C yang dosisnya terlalu tinggi dapat membuat lambung menjadi lebih asam dan bisa menimbulkan nyeri ulu hati, mulut terasa asam atau pahit, dan mengalami kesulitan ketika menelan sesuatu.

Sebaiknya konsumsilah vitamin C secukupnya saja, karena akibat kelebihan vitamin C bisa berbahaya dan mengakibatkan timbulnya beberapa penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,680FansSuka
1,810PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan