RANCAH POST – Apakah Anda tahu kalau kayu manis memiliki manfaat untuk wajah? Ya, rempah yang satu ini ternyata dapat mencegah penuaan dan bisa dijadikan sebagai masker jerawat.

Seperti yang sudah kita ketahui, kayu manis memiliki aroma yang khas sehingga ia dikenal sebagai rempah untuk penyedap masakan.

Kandungan sejumlah senyawa yang ada di dalam kayu manis memiliki manfaat yang luar biasa, baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh.

Antioksidan seperti polifenol yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. Tak hanya itu, sifat antimikroba dan antiparasit yang ada di dalamnya bisa dipakai untuk perawatan kecantikan.

Setiap orang, terutama wanita tentu ingin mendapatkan kulit yang cantik. Salah satu perawatan kecantikan dari bahan alami yang bisa digunakan adalah kayu manis.

Pemakaian kayu manis sebagai perawatan kecantikan wajah biasanya bisa ditambahkan dengan bahan-bahan alami lainnya.

Agar tidak penasaran lagi, berikut Rancah Post telah menyiapkan ulasan mengenai manfaat kayu manis untuk kecantikan.

Manfaat Kayu Manis Untuk Wajah

Cegah penuaan

Berdasarkan studi, kayu manis memiliki manfaat untuk mencegah penuaan. Dikatakan, kayu manis bisa meningkatkan pembentukan kolagen serta meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

Hal ini tentu dapat mencegah kerutan, penggelapan, hingga tampilan penuaan di kulit. Meminum air rebusan kayu manis juga dapat melawan penuaan.

Sifat antibakteri yang dimiliki kayu manis bisa membuat kulit terjaga dari bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Bantu obati jerawat

Manfaat masker kayu manis selanjutnya adalah untuk wajah berjerawat. Kayu manis memiliki sifat antibakteri yang baik bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan kayu manis cukup mudah, campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis hingga berbentuk pasta kental.

Setelah itu barulah aplikasikan pada wajah secara merata, biarkan beberapa saat selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Cara ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan membuat kulit lembab.

Sebagai pelembap bibir alami

Tidak hanya untuk kulit wajah, khasiat kayu manis juga dapat digunakan sebagai pelembab alami bagi bibir.

Khasiatnya ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki masalah dengan bibir kering dan pecah-pecah.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan bubuk kayu manis secukupnya dengan minyak kelapa. Setelah tercampur barulah aplikasikan pada bibir.

Scrub wajah

Nah, manfaat kayu manis untuk muka bisa juga digunakan sebagai scrub wajah. Dengan melakukan scrub tentu dapat membuat wajah Anda menjadi lebih segar.

Caranya, campurkan 1 sdt kayu manis bubuk, garam dan minyak almond secukupnya. Kemudian oleskan pada wajah, usap-usap secara perlahan dengan gerakan melingkar.

Sebagai masker rambut

Manfaat kayu manis yang bisa Anda dapatkan selain untuk perawatan wajah bisa juga digunakan sebagai masker rambut.

Dengan menggunakan masker rambut dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, karena kayu manis dapat mengurangi risiko kerontokan rambut.

Caranya menggunakannya, campurkan satu sendok kayu manis dengan madu dan minyak zaitun. Lalu, masukkan satu butir telur.

Setelah itu, baru oleskan campuran tersebut pada rambut secara merata dan diamkan beberapa saat selama kurang lebih 10-15 menit.

Kemudian, Anda bisa membilasnya dengan sampo sampai rambut kembali bersih. Dengan perawatan masker kayu manis, rambut akan sehat dan lebat.

Demikian, beberapa manfaat kayu manis untuk wajah dan kecantikan lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Share.

Leave A Reply