Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Efek Buruk Akibat Tidur dengan Lampu Menyala

5 Efek Buruk Akibat Tidur dengan Lampu Menyala

RANCAH POST – Tidur dengan keadaan lampu menyala ternyata dapat menimbulkan akibat yang kurang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Namun sayang, bahaya tidur dengan lampu menyala masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Ada beberapa orang yang memilih tidur dengan keadaan lampu menyala, dan ada juga mereka yang memilih tidur dengan mematikan lampu.

Tentu saja, masing-masing orang memiliki alasan tersendiri dengan pilihan tidur dengan lampu menyala atau tidak. Namun tentunya hal ini kerap berkaitan dengan kenyamanan.

Perlu Anda ketahui, bukan hanya tentang kenyamanan tidur, tapi tidur dengan lampu menyala atau tidak memang memberikan pengaruh terhadap kualitas tidur Anda.

Jika tidak mendapat kualitas tidur yang baik, tentu dapat memberikan dampak yang buruk bahkan bisa memicu datangnya penyakit.

Tidur dalam keadaan lampu menyala diyakini dapat membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak.

Kalau sudah begitu, tentu akan berpengaruh terhadap kesegaran tubuh ketika terbangun di pagi hari.

Seperti yang sudah kita ketahui tidur merupakan waktu yang ditunggu-tunggu untuk mereka agar bisa beristirahat. Selain itu, ketika tidur, tubuh akan melakukan regenerasi berbabagi organ di tubuh.

Jika Anda termasuk pada orang yang memilih tidur dalam keadaan lampu menyala, cobalah simak beberapa dampak buruknya.

Akibat Tidur Lampu Menyala

Berikut beberapa efek tidur dengan lampu menyala seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Siklus tidur jadi terganggu

Akibat tidur menyalakan lampu bisa membuat siklus tidur menjadi terganggu. Hal ini tentu bisa menghambat hormon melatonin, alhasil siklus tidur normal akan menjadi kacau.

Jika tidak ingin mengalami insomnia, ada baiknya untuk tidur dalam keadaan mematikan lampu.

Memicu kanker

Tidur dengan keadaan lampu menyala dapat menimbulkan akibat yang tidak baik untuk kesehatan, yakni dapat memcu terjadinya penyakit kanker terutama pada wanita.

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan keadaan lampu menyala, segeralah hentikan karena dapat memicu kanker payudara dan kanker usus besar.

Berpengaruh terhadap kesuburan wanita

Akibat tidur dengan lampu menyala tidak hanya dapat berisiko terkena penyakit kanker, namun juga dapat memberikan pengaruh terhadap kesuburan wanita.

Melansir CNN Indonesia, berdasarkan studi yang diterbitkan Epidemiology, wanita yang bekerja shift malam mempunyai masalah pada siklus haid.

Riset ini melibatkan 71 ribu lebih perempuan. Kian lama bekerja shift malam, haid mereka pun semakin tidak teratur.

Para peneliti pun menyimpulkan jika gangguan paparan cahaya dan siklus tidur serta bangun yang tidak teratur dapat berpengaruh pada kesuburan para pekerja perempuan.

Perubahan hormonal

Akibat tidur dengan lampu menyala dapat menyebabkan perubahan hormonal. Cahaya lampu atau alat elektronik memancarkan sinar biru yang bisa membuat produksi hormon melatonin terganggu.

Tubuh manusia sudah didesain untuk lelah kala gelap dan bangun ketika muncul cahaya. Namun sayang, cahaya lampu dapat membuat kacau hal tersebut sehingga hormon akan terganggu.

Bangun dengan kondisi lelah

Tidur dalam keadaan lampu yang menyala dapat membuat kesehatan tubuh terganggu. Paparan cahaya sebelum atau selama tertidur bisa membuat Anda sulit tidur, tentu saja hal tersebut dapat berpengaruh terhadap melatonin yang merangsang tidur.

Ketika Anda bisa tertidur dengan lampu menyala, Anda mungkin tidak mendapat cukup tidur rapid eye movement (REM).

Berdasarkan National Sleep Foundation, tidur REM dipercaya memiliki manfaat untuk belajar, memori, serta suasana hati.

REM itulah yang diperlukan ketika tidur di malam hari untuk beristirahat. Otak akan terus bekerja dan kualitas tidur terfanggu akibat paparan cahaya ketika tidur.

Irama dasar tubuh, siklus tidur, berkaitan dengan paparan cahaya. Alhasil, Anda pun merasakan lelah ketika bangun di pagi hari walaupun sudah tidur lebih dari 7 jam.

Itu dia beberapa dampak buruk yang timbul akibat tidur dengan lampu menyala. Jika tidak ingin mengalami dampak buruk tadi, cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,383FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan