RANCAH POST Waspada! Ini dia gejala dan tanda kanker payudara. Kanker payudara adalah macam kanker yang berkembang pada sel-sel payudara. Kanker payudara umumnya dimulai dari lapisan dalam saluran susu atau biasa disebut lobulus. Kanker payudara yang berawal di dalam lobulus dikenal dengan sebutan karsinoma lobular, sedangkan yang ada di dalam saluran susu disebut karsinoma duktal.

Kanker payudara merupakan kanker invasif yang sangat umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Kanker seperti ini menyumbang 16% dari semua kanker yang ada pada wanita dan 22,9% dari kanker invasif yang terjadi pada wanita. Sebanyak 18,2% dari semua kematian yang disebabkan kanker di seluruh dunia, baik laki-laki maupun perempuan, berasal dari penyakit kanker payudara.

Sebagian besar kanker payudara memiliki prognosis yang lebih baik apabila dilaksanakan perawatan pada fase pertama perkembangannya. Oleh sebab itu, mendeteksi dari sejak dini tanda dan juga gejala kanker payudara sangatlah penting, apalagi pada wanita yang memiliki risiko tinggi terserang kanker payudara.

Angka kasus kanker payudara jauh lebih tinggi terjadi pada negara maju jika dibandingkan dengan negara berkembang. Terdapat beberapa alasan adanya fenomena ini, perempuan yang ada di negara maju relatif hidup lebih lama jika dibandingkan dengan wanita-wanita di negara-negara berkembang. Para ahli pun menyimpulkan bahwa gaya hidup dan kebiasaan makan yang cenderung beda antara perempuan di negara-negara maju dan berkembang juga menjadi salah satu faktor penyebab.

Tanda dan gejala kanker payudara

Suatu gejala tentu dirasakan oleh pasien, dan bisa dijelaskan kepada dokter ataupun perawat, misalnya sakit kepala, sedangkan tanda merupakan sesuatu yang pasien dan juga orang lain bisa mendeteksinya, seperti ruam ataupun pembengkakan.

Gejala pertama dari kanker payudara ini umumnya ditandai dengan penebalan pada suatu area pada jaringan payudara wanita, bahkan terkadang ditemukan suatu benjolan. Meskipun mayoritas benjolan bukan merupakan kanker, tetapi, jika di temukan benjolan di payudara Anda, Anda wajib untuk segera memeriksakan diri Anda ke ahli kesehatan. Bagi wanita yang menemukan tanda-tanda atau gejala seperti berikut ini harus segera memeriksakan diri. Berikut beberapa tanda yang harus Anda waspadai.

  • Terdapat benjolan pada payudara
  • Rasa sakit yang timbul di ketiak atau payudara
  • Pitting ataupun terdapat warna agak kemerahan yang ada pada kulit payudara
  • Ruam di area salah satu puting
  • Pembengkakan atau benjolan pada salah satu ketiak
  • Terjadi penebalan salah satu daerah dari jaringan pada payudara
  • Salah satu puting mengelupas, terkadang mengandung darah
  • Perubahan puting dalam penampilan, dapat menjadi cekung maupun terbalik
  • Perubahan ukuran dan juga bentuk payudara
  • Kulit puting susu ataupun kulit payudara mengelupas, bersisik serta menyerpih

Jika tanda-tanda tersebut Anda alami, segeralah periksakan diri Anda kepada ahli kesehatan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply