Selasa, 2 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mengatur Pola Tidur Saat Bulan Puasa

Cara Mengatur Pola Tidur Saat Bulan Puasa

Selain memperhatikan pola makan, mengatur pola tidur dengan cara yang tepat saat bulan puasa itu sangat penting lho, teman-teman.

Seperti yang sudah kita ketahui, ketika bulan Ramadan mengharuskan kita untuk bangun pada dini untuk makan sahur. Alhasil pola tidur pun menjadi berubah.

Makan sahur sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kita tetap kuat menjalani puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau saatnya berbuka.

Perlu teman-teman ketahui, jika tidak pandai mengatur pola tidur, bisa saja hal tersebut memberikan dampak kurang baik yang dapat membuat puasa yang dijalankan menjadi tidak lancar.

Tanpa sadar, pola tidur yang berubah dapat membuat Anda terus merasa mengantuk sepanjang hari hingga menyebabkan produktivitas sehari-hari berkurang.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengatur pola tidur agar puasa yang dijalani lebih lancar. Jangan jadikan puasa ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan melakukan aktivitas.

Kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa cara-cara mengatur pola tidur selama bulan puasa yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Mengatur Pola Tidur Saat Puasa

Cobalah untuk menghindari makan besar sebelum tidur

Sebaiknya hindari makan besar sebelum Anda tertidur. Jika Anda memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan berat bisa membuat waktu tidur terganggu.

Tak hanya itu, kebiasaan ini dapat membuat risiko penyakit stroke semakin meningkat. Apabila memang sedang lapar, pilihlah makanan yang mudah untuk dicerna dan makan dalam porsi kecil.

Tidur dalam kondisi terlalu kekenyangan tidak baik, begitupun dengan tidur dalam kondisi kelaparan.

Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman berkafein agar pola tidur tetap terjaga.

Hal ini karena nikotin dan kafein memiliki efek stimulasi yang butuh waktu cukup lama untuk bisa luruh sepenuhnya, sehingga daat membuat kualitas tidur semakin buruk.

Olahraga ringan ketika puasa

Cara mengatur pola tidur saat bulan puasa selanjutnya adalah dengan rutin dan teratur melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga ringan.

Akan tetapi, hindari melakukan olahraga yang terlalu intens ketika mendekati waktu tidur. Perhatikan juga beberapa tips olahraga saat puasa, mulai dari waktu hingga jenis olahraga yang dilakukan.

Selalu bangun pada waktu yang sama setiap hari

Selalu bangun pada waktu yang sama setiap harinya ini sangat penting dalam upaya Anda untuk mengatur pola tidur yang baik.

Cobalah untuk lebih disiplin dalam aturan tidur dan bangun di jam yang sama, aturan ini tetap berlaku pada hari libur. Hal ini akan membuat Anda lebih terbiasa dengan waktu tidur yang teratur.

Manfaat tidur cukup dan mematuhi jadwal tidur setiap harinya ini akan membuat tubuh menjadi lebih ringan, hangat, hormon kortisol juga dilepaskan sehingga memberikan stamina untukb beraktivitas.

Tidur lebih awal

Cara mengatur pola tidur saat puasa selanjutnya adalah dengan tidur lebih awal dari biasanya.  Jadwalkan tidur lebih awal dan jangan tidur larut malam, jadwal ini sebaiknya diterapkan setiap hari.

Tidur lebih awal juga akan membuat Anda terhindari dari makan sahur yang telat atau kesiangan.

Sempatkan waktu untuk tidur siang

Jika memiliki waktu luang saat siang hari, gunakanlah untuk tidur siang sebentar saja. Tidur siang selama 20-30 menit sudah lebih dari cukup untuk membuat energi kembali pulih, Anda pun bisa kembali menjalani aktivitas.

Manfaat tidur siang dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang disebabkan oleh waktu tidur malam yang berkurang.

Nah, itu dia beberapa cara mengatur pola tidur saat bulan puasa. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,628FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan