Kamis, 4 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Mencegah bau mulut saat puasa bisa dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya dengan menghindari beberapa makanan yang dikonsumsi.

Mungkin pada hari-hari biasa di luar bulan suci Ramadan, kita bisa dengan bebas kapan pun untuk makan permen sebagai salah cara mengatasi bau mulut.

Akan tetapi berbeda ketika di bulan puasa, kita hanya bisa makan dan minum saat sahur serta berbuka puasa. Lantas, bagaimana jika bau mulut terjadi ketika siang hari?

Ketika berpuasa, kita tidak hanya menahan haus dan lapar saja, namun beberapa masalah seperti bau mulut menjadikan tantangan tersendiri bagi kita.

Tentu bau mulut yang tidak sedap membuat orang-orang di sekeliling merasa tidak nyaman. Alhasil rasa percaya diri pun berkurang.

Selama lebih dari 12 jam, kita tidak menerima asupan makanan dan minuman sehingga membuat mulut mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Pemicu bau mulut saat puasa bisa karena kondisi rongga mulut yang kering. Mulut yang kering disebabkan oleh produksi air liur yang berkurang.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, hal ini karena tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk ke mulut selama menjalankan puasa.

Air liur yang berkurang tentu akan membuat perkembang biakan bakteri di rongga mulut. Alhasil, bau tak sedap dari mulut pun akan tercium.

Untuk mencegah bau mulut saat puasa, berikut Rancah Post telah menyiapkan beberapa cara-caranya.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Minum air putih yang cukup

Produksi air liur akan kembali meningkat dengan minum air putih yang cukup, sehingga mulut kering yang menyebabkan bau mulut pun tercegah.

Setidaknya, minumlah air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya, ini berlaku ketika hari-hari biasa dan selama bulan puasa.

Pastikan minumlah air puth yang cukup agar tubuh tetap sehat dan mencegah timbulnya bau mulut tak sedap.

Rutin menggosok gigi dan lidah

Cobalah untuk menerapkan kebiasaan menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali sehari agar kesehatan serta kebersihan mulut dan gigi tetap terjaga.

Selama bulan suci Ramadan, Anda bisa menyikat gigi setelah selesai makan sahur dan sebelum tidur di malam hari.

Lakukan sikat gigi dengan benar dan jangan melakukan beberapa kesalahan saat menyikat gigi.

Anda juga bisa membersihkan lidah untuk membersihkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal.

Menghindari minum kopi

Cara mencegah bau mulut saat puasa selanjutnya adalah dengan menghindari minum kopi. Hal tersebut karena kandungan senyawa sulfur yang ada di dalam kopi dapat menyebabkan bau mulut.

Ketika kafein dari kopi yang Anda minum masih tertinggal di mulut kemudian mulut mulai kering, maka munculah bau mulut yang tak sedap.

Cobalah untuk menghindari atau mengurangi minum kopi selama bulan puasa, terutama ketika sahur.

Menggunakan obat kumur

Cara mencegah bau mulut saat berpuasa selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur.

Selain menyikat gigi, berkumurlah dengan obat kumur tanpa kandungan alkohol. Dengan begitu, kuman penyebab bau mulut pun akan hilang.

Menghindari makan makanan beraroma tajam

Ada baiknya Anda menghindari mengkonsumsi beberapa makanan yang berbaju tajam saat sahur, seperti jengkol, petai atau bawang.

Selain itu, hindari juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang banyak.

Hal ini berlaku saat berbuka dan sahur, karena bisa membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak dengan cepat.

Demikian beberapa cara mencegah bau mulut pada saat puasa. Jika bau mulut sangat menganggu dan tak kunjung hilang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,599FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan
x