Selasa, 26 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 8 Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

8 Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

Masalah bibir kering saat puasa memang sedikit membuat kita tidak nyaman, namun tak usah khawatir karena ada beberapa cara untuk mencegah hal ini.

Bibir kering selama menjalani puasa itu biasanya dikarenakan kurangnya cairan di dalam tubuh, sehingga tak jarang mereka yang menjalani puasa di bulan Ramadan mengalami masalah ini.

Bagi sebagian orang, bibir kering bahkan hingga pecah-pecah merupakan hal biasa dan mereka pun tidak menghiraukannya.

Namun bagi beberapa orang, khususnya perempuan hal ini sangat tidak nyaman, apalagi jika sudah timbul luka.

Agar tetap nyaman dan lancar selama menjalani puasa, Rancah Post telah menyiapkan beberapa cara yang dapat mencegah bibir kering ketika berpuasa.

Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

Langsung saja, berikut ini cara-cara mencegah bibir kering saat berpuasa di bulan Ramadan.

Hindari menjilat bibir

Kebiasaan yang satu ini agaknya memang sering dilakukan oleh orang-orang ketika kondisi bibir kering dan pecah-pecah dengan tujuan untuk melembabkannya.

Akan tetapi, kebiasaan ini ternyata salah. Kelembaban bibir setelah menjilatnya hanya akan sementara, dan akan lebih kering usai melakukan kebiasaan ini.

Kelembaban bibir akan hilang dengan sapuan permukaan lidah yang kasar. Alhasil, bukannya lembab seharian, bibir akan menjadi lebih kering dan menyebabkan bibir pecah-pecah.

Minum air putih yang cukup

Cara mencegah bibir kering saat puasa selanjutnya adalah penuhi asupan cairan, dengan banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka.

Dengan minum air putih saat sahur dan berbuka, bibir kering di siang hari saat berpuasa dapat tercegah. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi minuman manis.

Mengurangi minuman mengandung kafein

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, minum air putih sangat baik untuk membantu mencegah bibir kering selama berpuasa.

Selain itu, hindarilah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh karena dapat menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kering.

Minuman berkafein bahkan dapat menimbulkan rasa haus usai meminumnya. Efek dehidrasi yang ditimbulkan dapat mengakibatkan bibir kering.

Hindari makanan pedas dan asin

Menghindari mengkonsumsi makanan pedas dan asin bisa menjadi cara berikutnya untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah saat menjalani puasa.

Makanan pedas dan asin menjadi dua makanan yang sebaiknya dihindari saat puasa karena bisa mengakibatkan bibir menjadi kering.

Meski sangat digemari karena kelezatannya, namun sebaiknya hindarilah mengkonsumsi makanan pedas dan asin selama bulan puasa.

Mengeksfoliasi bibir

Eksfoliasi bibir bisa menjadi cara Anda untuk merawat bibir. Dengan melakukan eksfoliasi, sel-sel kulit mati terangkat dan bibir akan lembut.

Gunakan pelembab bibir

Cara mencegah bibir kering saat menjalani puasa selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelembab bibir.

Selain kurangnya asupan cairan, sinar matahari juga dapat membuat kondisi bibir kering menjadi lebih parah.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan lip balm atau lip moisturizer yang mengandung minimal SPF 15 agar bibir terlindung dari paparan sinar matahari.

Konsumsi sayur dan buah saat sahur sekaligus berbuka

Selain minum air putih yang cukup, mengkonsumsi sayur dan buah saat sahur dan berbuka puasa juga tak kalah penting.

Apalagi dengan vitamin C yang terkandung di dalam buah dan sayur tentu dapat membantu mencegah bibir kering ketika menjalani puasa.

Aplikasikan madu pada bibir sebelum makan sahur

Manfaat madu untuk kecantikan memang sudah dikenal banyak orang, madu juga bisa menjadi cara mencegah dan mengatasi bibir kering saat berpuasa.

Cobalah untuk mengoleskan madu pada bibir sebelum makan sahur, dengan begitu bibir akan terasa lembab hingga siang harinya.

Itu dia teman-teman, beberapa cara mencegah bibir kering saat puasa. Mulai sekarang jangan khawatir lagi dengan bibir kering yang melanda. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,669FansSuka
1,812PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan