Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dapat membuat Anda bisa merasakan lapar dalam waktu yang cepat ketika menjalani ibadah puasa.

Tidak terasa, sekarang sudah menjalani puasa di hari ketiga. Tentu Anda sudah mulai terbiasa dengan aktivitas makan sebelum subuh alias makan sahur.

Makan sahur sangat penting dan jangan sampai terlewatkan. Hal tersebut karena sahur menjadi waktu kita untuk makan agar bisa menjalani puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Manfaatkan waktu saat sahur untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan hindari beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.

Selama lebih dari 12 jam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan apapun, kta harus menahan lapar, haus serta hawa nafsu selama berpuasa.

Meski tidak mudah dan pastinya Anda akan merasakan lemas, biasakan untuk tidak bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas.

Di artikel kali ini Rancah Post punya beberapa makanan-makanan yang ternyata bisa bikin seseorang cepat merasa lapar.

Makanan yang Membuat Cepat Lapar

Apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut pembahasannya.

Yogurt rendah lemak

Mungkin Anda sudah mengetahui tentang manfaat yogurt baik untuk kesehatan maupun kecantikan sekaligus mengenyangkan.

Namun ternyata low fat yogurt dapat membuat kita cepat merasa lapar. Kandungan lemak yogurt jenis ini mungkin lebih rendah, sedangkan kadar gulanya lebih tinggi.

Hal tersebut karena terdapat tambahan perasa tambahan atau topping buah yang meningkatkan cita rasa makanan sehat ini.

Energi pun jadi meningkat bersamaan dengan gula darah yang menukik tajam. Tentu saja kita akan merasa ingin memakan camilan lain yang mengandung karbohidrat dan tinggi gula.

Roti gandum

Apakah Anda gemar mengkonsumsi roti gandum? Jika iya, ternyata makanan ini menjadi salah satu yang bisa membuat Anda cepat merasa lapar.

Roti gandum memang kayak akan serat, namun tidak mengandung protein dan lemak di dalamnya.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menyantap roti dengan makanan pendamping lainnya guna menyeimbangkan nurtisinya.

Jus buah

Siapa sangka jus buah ternyata dapat membuat kita tidak kenyang lebih lama. Buah-bauah memang memiliki banyak kandungan vitamin, serat alami, dan mineral, dengan tidak mengandung lemak dan protein.

Seperti yang sudah kita ketahui, protein dan lemak menjadi zat yang sangat penting membuat kita tidak merasa cepat lapar.

Selain itu, minum jus juga tidak memberikan sensasi yang sama pada saat Anda memakan buahnya secara langsung.

Sudah kenyang minum jus, mungkin Anda masih akan merasa seperti belum mengkonsumsi apapun.

Kentang goreng

Kentang goreng menjadi makanan selanjutnya yang dapat membuat Anda cepat merasa lapar.

Mungkin biasanya Anda sering mengkonsumsi kentang rebus ataupun kentang panggang untuk mendapat sumber karbohidrat, terkecuali dengan kentang goreng.

Hal tersebut karena minyak panas akan mereduksi gizi pangan kentang serta membuat lemak jahat bertambah, apalagi jika disantap dengan bumbu perasa yang mengandung MSG dan tinggi natrium.

Putih telur

Jangan hanya mengkonsumsi putih telur lalu menyisakan kuningnya. Hal ini akan membuat kalori yang seharusnya Anda dapatkan menghilang, alhasil Anda pun cepat lapar.

Agar bisa merasa kenyang lebih lama, sebaiknya makanlah putih telur dengan tidak menyisakan kuningnya.

Protein lengkap yang terkandung dalam kuning telur dapat membuat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nasi putih

Siapa sangka, nasi putih menjadi makanan yang dapat membuat Anda cepat lapar. Hal tersebut karena nasi putih bisa menghancurkan dan membuat kadar gula darah melonjak sehingga membuat Anda cepat lapar.

Bukan dilarang, sebagai antisipasi efek buruknya Anda bisa mengkonsumsi lauk yang bergizi seimbang seperti lemak, serat, protein dan vitamin.

Makanan manis

Makanan manis seperti roti, aneka dessert, dan donat yang mengandung gula cukup tinggi sebaiknya patut Anda hindari dikonsumsi saat sahur.

Makanan tersebut memang tinggi karbo dan lemak, namun gizinya nol. Makanan manis dapat membuat lonjakan kadar gula darah dan pelepasan banyak insulin.

Anda tentu hanya akan merasakan kenyang sebentar saja, sebelum merasakan lapar dua kali lipat setelahnya.

Itu dia teman-teman, beberapa makanan yang dapat membuat Anda cepat lapar. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply