Senin, 25 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Waspada! Sering Menahan BAB Bisa Bahaya dan Timbulkan Penyakit Serius

Waspada! Sering Menahan BAB Bisa Bahaya dan Timbulkan Penyakit Serius

Kebiasaan menahan Buang Air Besar (BAB) bisa bahaya bagi kesehatan tubuh. Anda harus waspada karena bisa menimbulkan penyakit yang serius.

Tidak hanya menahan buang air kecil yang berdampak buruk bagi kesehatan, namun menahan buang air besar pun demikian.

Dampak negatif menahan buang air kecil bisa mengakibatkan gagal ginjal, kehilangan konsentrasi, kandung kemih meregang, disfungsi berkemih dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui, frekuensi buang air besar lancar bisa menjadi pertanda jika metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Buang air besar baik bagi kesehatan karena dapat membantu membuang racun yang terdapat di dalam tubuh.

Otomatis jika Anda terlalu sering menahan buang air besar dapat menimbulkan berbagai dampak buruk yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Banyak alasan dan penyebab yang membuat Anda tidak bisa pergi toilet hingga terpaksa menunda buang besar seperti sedang bekerja, jauh dari toilet, dan lain-lain.

Apapun alasannya, menahan buang air besar sebenarnya tidak baik karena bisa menimbulkan berbagai masalah pada pencernaan.

Maka dari itu, sebisa mungkin jangan sampai menahan buang air besar apalagi dalam waktu yang cukup lama dan terlalu sering.

Agar tidak lagi coba-coba menahan buang air besar, kali ini Rancah Post akan membahas mengenai bahayanya menahan BAB terlalu lama dan terlalu sering.

Bahaya Menahan BAB

Berikut ini sederet bahaya menahan buang air besar yang perlu Anda ketahui.

Menyebabkan penyakit kanker usus besar

Dampak negatif menahan BAB tentu erat kaitannya dengan sistem pencernaan. Jika kebiasaan ini sering dilakukan, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mengalami kanker usus besar.

Ya, kondisi ini bia terjadi karena feses yang lama berada di dalam usus akan berkontak lama dengan sel-sel dipermukaan usus besar.

Untuk itu, hindari menahan BAB karena penyakit ini cukup membahayakan. Jika sudah terlanjur sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk dilakukan penanganan.

Terjadi sembelit atau susah buang air besar

Bahaya menahan BAB baik saat hamil ataupun tidak adalah sembelit, masalah pencernaan yang satu ini memang banyak orang yang sering mengalaminya.

Penyebab sembelit bisa karena seseorang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Namun ternyata, terlalu sering menahan BAB juga bisa menyebabkan sembelit.

Hal tersebut karena feses yang terus ditahan untuk keluar akan tertumpuk pada usus besar sehingga membuat feses menjadi keras.

Menyebabkan wasir

Wasir atau ambeien merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum.

Berkaitan dengan sembelit, ketika sering menahan BAB dan terjadi sembelit tentu Anda akan mengejan dengan cukup kuat untuk mengeluarkan feses.

Nah, salah satu penyebab wasir adalah kebiasaan mengejan terlalu berlebihan ketika BAB. Ketika sudah terjadi ambeien Anda akan merasa tidak nyaman dan timbul sakit pada anus.

Obstruksi usus

Bahaya menahan BAB juga bisa menimbulkan penyakit obstruksi usus. Feses yang mengeras karena sering menahan BAB merupakan salah satu hal yang menyebabkantimbulnya penyakit ini.

Penyakit ini juga umumnya dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan karena makanan dan cairan yang Anda konsumsi tak bisa dicerna dengan lancar.

Selain itu, kondisi tersebut dapat juga disebabkan oleh adanya kompilasi dari perlengketan usus, kanker usus besar, dan hernia.

Fisura Ani

Bahaya sering menahan BAB dapat membuat feses mengeras, menumpuk dan lama kelamaan ukurannya membesar karena tidak segera dikeluarkan.

Hal tersebut dapat berbahaya karena bisa mengikis atau merobek jaringan kulit dan mukosa yang melapisi saluran serta lubang anus.

Fisura ani bisa menyebabkan timbulnya sensasi seperti terbakar atau gatal pada bagian anus sampai keluar cairan yang aromanya busuk dari anus.

Bisa terjadi komplikasi

Kotoran akan mengeras dan menumpuk di dalam saluran pencernaan. Dalam kasus yang palingjarang terjadi, menahan BAB bisa menimbulkan masalah pada peredaran darah, kram dan masalah jantung.

Mereka yang jarang bergerak atau berkegiatan dan orang tua merupakan orang yang paling sering mengalami komplikasi. Selain itu, orang yang menggunakan obat opiodid berat juga bisa mengalaminya.

Apabila kondisinya semakin parah dan tidak segera ditangani dengan tepat dapat menimbulkan kemungkin teburuk yakni menyebabkan kematian.

Bagaimana, mengerikan bukan jika terlalu sering menahan BAB? Hindari menahan BAB karena bisa menimbulkan bahaya serta penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,680FansSuka
1,809PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan