Kamis, 28 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 7 Penyebab Ketiak Hitam yang Bikin Tidak Percaya Diri

7 Penyebab Ketiak Hitam yang Bikin Tidak Percaya Diri

Ketiak hitam pastinya membuat Anda tidak percaya diri dan ingin segera memutihkannya. Lalu apakah Anda tahu penyebab ketiak hitam?

Bisa jadi kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering Anda lakukanlah yang menyebabkan kulit ketiak jadi kusam bahkan menghitam.

Sering kali wanita menyepelekan tentang perawatan ketiak dengan alasan tidak terlihat dan tersembunyi. Mereka pun cenderung lebih mementingkan perawatan wajah.

Mulai dari memakai masker, treatment ke salon, pakai skin care dan lain sebagainya. Mungkin sebagian orang juga sering merawat ketiak dengan mencukur atau yang lainnya.

Namun, apakah Anda sudah melakukan perawatannya dengan benar, atau sebaliknya? Sehingga ketiak seseorang menjadi hitam dan ketika berpakaian lengan pendek membuatnya kurang enak dipandang.

Perlu Anda ketahui, ketiak hitam tidak hanya dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri, namun juga bisa menjadi gejala penyakit tertentu.

Misalnya acnthosis nigricans (AN), kondisi ini merupakan salah satu gejala beberapa penyakit tertentu. Umumnya kulit akan menghitam dan menjadi tebal di sekitar lipatan tubuh.

Untuk itu, mengetahui beberapa kebiasaan yang bisa menyebab kulit ketiak menghitam penting banget guys. Berikut pembahasannya.

Penyebab Ketiak Hitam

Ketiak hitam memang tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun Anda merasa tidak nyaman bukan? Agar tidak semakin menghitam, hindari beberapa kebiasaan buruk di bawah ini.

Sel kulit mati yang menumpuk

Bisa jadi warna ketiak yang gelap itu disebabkan oleh tumpukan sel-sel kulit mati yang lama tidak dibersihkan dengan tuntas.

Agar kembali cerah, cobalah untuk melakukan perawatan ketiak dengan eksfoliasi ketiak memakai body scrub atau face scrub secara rutin dan teratur.

Kulit ketiak yang kembali cerah dapat mengembalikan rasa percaya diri ketika memakai baju berlengan pendek.

Terlalu sering mencukur bulu ketiak

Bulu ketiak yang tumbuh subur memang membuat wanita tidak nyaman. Alhasil mereka pun mencukurnya, padahal kebiasaan ini bisa menjadi penyebab ketiak hitam jika terlalu sering dilakukan dan asal-asalan.

Mulai dari tata cara, alat pencukur yang digunakan harus Anda perhatikan. Selain cara mencukur bulu ketiak yang salah, pemilihan alat cukur juga penting untuk meminimalisir iritasi.

Deodoran yang tidak tepat

Pemakaian deodoran sering dilakukan untuk menjaga tubub agar tidak mengeluarkan aroma yang kurang sedap ketika berkeringat karena sedang beraktivitas.

Namun, pemilihan produk deodoran yang kurang tepat juga bisa menyebabkan noda pada kulit ketiak karena formula yang terkandung di dalamnya.

Menggaruk ketiak terlalu kencang

Penyebab kulit ketiak hitam selanjutnya adalah memperlakukannya dengan kasar atau menggaruknya terlalu kencang.

Hal tersebut pasti karena rasa gatal yang tiba-tiba muncul, sehingga Anda menggaruknya untuk meredakan gatal.

Namun menggaruknya terlalu kencang bisa menimbulkan iritasi di ketiak Anda karena bercampuran langsung keringat yang keluar. Alhasil ketiak anda pun mulai berubah gelap.

Untuk mencegah ketiak hitam, lebih baik usap saja perlahan saat ketika mulai gatal daripada menggaruknya dengan sekuat tenaga.

Krim pencukur bulu ketiak

Tidak hanya karena deodoran yang kurang tepat, krim pencukur bulu ketiak juga bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam.

Hal tersebut karena krim bisa saja mengandung bahan kimia yang menyebabkam iritasi pada kulit sehingga ketiak menghitam.

Baju yang ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat ternyata bisa menjadi penyebab kulit ketiak jadi hitam. Kulit ketiak yang sensitif bisa berubah kondisi ketika Anda terlalu banyak gerakan tubuh.

Oleh sebab itu, hindarilah memakai pakaian yang ketat. Karena ketika ketiak menempel bergesekan dengan baju yang ketat tentu bisa mempengaruhi kondisi ketiak.

Alat pencukur yang jarang diganti

Cara praktis yang sering dilakukan orang-orang untuk membersihkan bulu ketiak yakni dengan mencukurnya menggunakan alat pencukur.

Untuk itu, gantilah alat pencukur secara berkala jika tidak ingin ketiak menghitam. Pencukur bulu ketiak yang kotor dan sudah tumpul juga bisa mengiritasi kulit.

Itu dia, beberapa kebiasaan-kebiasaan penyebab ketiak hitam. Semoga bermanfaat dan ubahlah kebiasaan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,655FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan