Jumat, April 10, 2020

Sering Diabaikan, Buah Kersen Ternyata Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Buah kersen ternyata memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Buah yang kerap mendapat julukan buah ceri-nya Indonesia ini bisa ditemukan di sekitar kita, mulai di pinggir jalan sampai di halaman rumah.

Buah yang berukuran kecil ini biasanya akan berwarna merah menyala jika sudah matang. Rasanya yang manis tentu membuat buah ini digemari banyak orang.

Meski begitu, tak sedikit orang yang masih menyepelekan tentang khasiat luar biasa dari buah kersen bagi kesehatan Anda.

Bahkan pohon kersen malah sering dijadikan sebagai tempat berteduh atau sarana bermain bagi anak-anak tanpa mereka ketahui manfaat yang terkandung di dalamnya.

Lalu, apa saja manfaatnya? Jika belum tahu, di artikel kali ini Rancah Post akan membahas mengenai manfaat buah kersen yang bisa mengatasi sejumlah penyakit.

Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Langsung saja, berikut ini beberapa manfaat buah kersen bagi kesehatan tubuh dan bisa mengobati beberapa penyakit lho, teman-teman.

Asam urat

Penyakit yang satu ini merupakan kondisi peradangan yang disebabkan asam urat yang terlalu banyak menumpuk dan mengkristal pada sendi.

Rasa nyeri yang sangat luar biasa akan Anda rasakan, bahkan bisa juga terjadi pembengkakan. Nah, buah kersen bisa mengatasi beberapa gejala tadi.

Asam urat bisa kapan saja kambuh apabila Anda mengkonsumsi sejumlah makanan-makanan tertentu dan bisa juga karena kekurangan air. Kersen memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengurangi endapan asam urat pada persendian.

Jantung tetap sehat

Buah dan daun kersen juga ternyata mempunyai manfaat untuk membuat kesehatan jantung tetap terjaga.

Buah kersen punya kemampuan untuk membuat aliran darah menjadi lancar. Aliran darah yang lancar merupakan salah satu ciri jantung yang sehat.

Sebaliknya, adanya ketidaklancaran aliran darah menuju jantung, potensi mengalami kerusakan jantung bisa terjadi.

Dengan mengkonsumsi buah kersen dan daunnya bisa membantu Anda agar kesehatan jantung tetap terjaga. Selain itu, bisa juga mencegah terkena berbagai penyakit kardiovaskular.

Gula darah bisa tetap terkontrol

Meski rasanya manis, buah kersen tetap aman untuk dikonsumsi penderita penyakit diabetes. Tak hanya aman, buah kersen yang dikonsumsi bahkan bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, seseorang yang penderita diabetes mengalami penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan usai makan ekstrak buah kersen.

Tentu saja, penelitian ini menjadi salah satu bukti kalau buah kersen berkemampuan untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol dengan baik untuk mereka penderita diabetes.

Gula darah bisa stabil bahkan dosis injeksi insulin menurun dengan mengkonsumsi buah sejuta manfaat ini.

Mengobati flu dan pilek

Manfaat buah kersen untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengobati flu dan pilek. Seseorang yang mengalami flu dan pilek biasanya terjadi disebabkan oleh turunnya sistem imun.

Dengan mengonsumsi buah kersen yang kaya vitamin C bisa mempercepat penyembuhan fluk dan pilek. Perlu Anda ketahui, asupan makanan yang mengandung vitamin C bisa membuat kekebalan tubuh yang menurun kembali pulih.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah kersen bisa membantu tubuh untuk menghilangkan patogen yang bisa menyerang tubuh dengan lebih efisien.

Atasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan bisa teratasi dengan manfaat yang terkandung dalam buah kersen bagi kesehatan. Buah kersen bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit perut, maag, hingga GERD.

Hal tersebut karena buah kersen memiliki sifat anti inflamasi. Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian buah kersen dapat menetralkan asam lambung dan memberikan lapisan pelindung untuk mukusa lambung.

Bagaimana, luar biasa bukan? Demikianlah sederet manfaat buah kersen untuk kesehatan yang jarang orang ketahui. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,864FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan