Selasa, April 7, 2020

7 Makanan Penurun Asam Urat

Ketika asam urat sedang naik, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan penurun asam urat dan jika sudah sembuh ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

Karena memang bagi penderita asam urat tentunya tidak dapat dengan bebas mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang Anda sukai. Terutama makanan yang mengandung purin di dalamnya.

Ketika asam urat sedang tinggi, si penderita disarankan untuk memakan makanan yang rendah purin. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari di antaranya adalah makanan manis, daging, unggas, alkohol, kangkung, tauge, bayam dan lain-lain.

Asam urat biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya ketika tubuh kelebihan memproduksi asam urat dan terjadi gangguan pembuangan asam urat yang harusnya larut ke dalam darah dan keluar melalui urine.

Meskipun ada beberapa makanan yang harus dihindari, ada juga makanan yang bisa menurunkan asam urat. Jika belum tahu, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkannya untuk Anda.

Makanan Penurun Asam Urat

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan asam urat.

Pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Selain terkenal baik untuk percenaan, pisang juga bisa dikonsumsi bagi penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi buah pisang, dipercaya asam urat akan terhindar dari penggumpalan dan penumpukkan di sendi.

Alpukat

Selanjutnya adalah alpukat. Hal tersebut karena alpukat mengandung gula yang rendah sehingga cocok dimakan oleh Anda yang sedang menjalani program diet, selain itu ada kandungan lain yang terdapat di dalamnya bisa meningkatkan sifat basa tubuh sehingga bisa membuat kadar asam urat tubuh berkurang.

Buah Apel

Warnanya yang merah merona pasti membuat siapa saja tergoda ingin memakannya. Perlu Anda ketahui, selain rasanya yang lezat apel juga bisa dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat, lho teman-teman.

Ternyata buah apel juga bisa jadikan sebagai makanan penurun asam urat dan kolesterol tinggi. Hal tersebut karena buah apel mengandung zat asam malat yang dapat membantu menetralkan kandungan asam urat dalam tubuh.

Tak hanya itu, zat asam malat juga membantu membuang asam urat melalui urin di dalam tubuh dan bisa juga membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Buah Tomat

Tomat punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, di antaranya bisa mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya. Selain itu, tomat memiliki sifat basa yang dapat membantu menjaga asam urat larut di dalam darah.

Ikan salmon

Makanan penurun asam urat selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai kadar gizi serta nutrisi tinggi yang baik untuk Anda yang menderita asam urat. Kadar purin di dalam ikan salmon cukup rendah sehingga membuatnya aman untuk dimakan oleh penderita asam urat.

Selain itu, di dalam ikan salmon juga mengandung lemak tak jenuh dan omega-3 yang tinggi, hal ini tentu baik bagi pnderita kolesterol. Walaupun baik untuk kesehatan, Anda juga harus mengontrol ketika mengkonsumsi ikan salmon agar tidak berlebihan.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, antioksidan dan anti inflamasi yang terkandung di dalamnya pun baik untuk menjaga produksi asam urat agar tetap normal.

Ceri

Rasanya yang lezat dan menyegarkan tentu membuat semua orang menyukai buah yang satu ini. Ada kabar baik bagi Anda penderita asam urat, karena makanan ini bisa menjadi penurun asam urat.

Berdasarkan penelitian, ceri bermanfaat menurunkan risiko ‘gout’, gangguan terkait dengan kadar asam urat yang tinggi. Hal tersebut karena ceri mengandung zat anti inflamasi yang disebut anthocyanin dan ceri mampu mengurangi kadar asam urat berlebih.

Nah, itulah beberapa makanan penurun asam urat yang bisa dikonsumsi bagi Anda yang menderita penyakit tersebut. Namun ingat, konsumsilah secara bijak, jangan berlebihan agar tidak berdampak buruk bagi tubuh. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,890FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan