Jumat, 2 Oktober 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Manfaat Buah Pisang Untuk Diabetes

Manfaat Buah Pisang Untuk Diabetes

RANCAH POST – Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Ya, rasa manis, lembut, lunak, serta mengenyangkan bagi yang menyantapnya. Bagi umat muslim buah ini menjadi hal wajib pada saat bulan ramadhan tiba, karena sering dimanfaatkan untuk diolah menjadi kolak. Kolak memang sangat pas untuk makanan pembuka sebelum memulai mengkonsumsi makanan utama saat berbuka puasa.

Selain diolah menjadi kolak, buah pisang ini juga nikmat digoreng dengan campuran tepung. Cemilan yang sangat pas disandingkan teh hangat atau kopi ini menjadi perpaduan khas dan digemari oleh masyarakat saat sela ngobrol di waktu bersantai. Maka tidak heran jika anda melancong ke daerah Pula Jawa, cemilan ini banyak dijajakan di pinggiran jalan atau kedai dengan harga terjangkau.

Selain itu bisa juga dibuat pisang keju, martabak, bahkan enak juga dikombinasikan dengan coklat. Anda tertarik membuat? Tapi kali ini kita tidak akan membahas pisang untuk dijadikan masakan, tetapi melihat dari sisi manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Banyak yang menyatakan bahwa buah ini sangat baik untuk diet, mengobati sakit maag, meningkatkan mood, menghaluskan wajah, mengatasi kekurangan darah, bahkan mencegah penyakit jantung. Hal itu memang benar adanya, tetapi amankan jika buah pisang ini dikonsumsi oleh penderita diabetes?

BACA JUGA : Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Semua orang memang tidak dapat menikmati jenis makanan atau minuman lezat, terlebih bagi pengidap diabetes karena akan mengakibatkan kambuhnya penyakit tersebut. Orang yang menderita diabetes sangat dianjurkan untuk menghindari dan mengurangi makanan dengan kandungan rasa manis yang terlalu tinggi.

BACA JUGA : Manfaat Eceng Gondok untuk Kesehatan

Kandungan gula yang ada pada buah memang sangat tinggi dan tidak baik untuk diabetes. Tetapi jika kadar gula yang dimilikinya rendah, kadar gula dalam darah pun ikut menurun. Oleh sebab itu, tidak semua buah-buahan baik bagi penderita diabetes.

Selain kandungan gulanya yang tinggi, ternyata kandungan serat dan potasium pada pisang sangat bermanfaat untuk sistem metabolisme tubuh. Serat memiliki peranan menstabilkan gula darah di tubuh. Asupan nutrisi serat yang tidak berlebihan terbukti akan menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kestabilan kadar gula darah tetap normal. Sementara potasiumnya sangat baik bagi meningkatnya sistem metabolisme tubuh. Namun sayang karena kadar gulanya yang tinggi, pisang malah berdampak negatif terhadap kestabilan gula darah bagi pennyandang penyakit daibaetes.

Sebenarnya buah pisang tidak baik atau tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki kandungan gula di atas angka normal. Apabila seorang penderita diabetes mengkonsumsi buah ini, dikhawatirkan kadar gula darahnya pun ikut naik. Buah lainnya seperti durian, nanas, mangga dan nangka juga tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Untuk orang dengan kondisi normal, mengkonsumsi pisang dengan jumlah takar sewajarnya tidak akan memicu terjadinya penyakit diabetes ini timbul. Selain informasi mengenai manfaat bagi diabetes ini, ternyata buah pisang juga dimanfaatkan untuk kecantikan kulit wajah.

Jika anda saat ini mengalami diabetes atau ada sanak saudara yang sedang mengalaminya, diharuskan menghindari buah pisang agar tidak sampai dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,932FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan