Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Waspada! Terlalu Sering Ngupil Ternyata Bisa Bahaya Bagi Kesehatan

Waspada! Terlalu Sering Ngupil Ternyata Bisa Bahaya Bagi Kesehatan

Mengorek kotoran hidung atau ngupil merupakan kebiasaan yang menimbulkan bahaya jika dilakukan terlalu sering. Meskipun kebiasaan ini sangat wajar dilakukan, sebaiknya jangan keseringan.

Kotoran di hidung yang terus bertumpuk bakal membuat kita risih dan bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang.

Ada beberapa cara yang sering dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang kerap membuat hidung tersumbat, mulai dari menggunakan cotton bud sampai secara langsung dengan jari tangan.

Pada dasarnya, kebiasaan yang satu ini tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan jika melakukannya dalam batas wajar dan tidak terlalu sering.

Jangan sampai niat untuk membersihkan upil malah berakibat buruk bagi kesehatan dan menimbulkan beberapa penyakit yang cukup serius.

Lalu, apa sajakah bahaya sering mengupil? Jika belum mengetahuinya, kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Bahaya Terlalu Sering Ngupil

Berikut ini beberapa bahaya apabila Anda keseringan ngupil yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Risiko terserang flu meningkat

Jika Anda terlalu sering mengupil akan menyebabkan rambut-rambut halus di hidung mengalami kerontokan. Padahal, seperti yang sudah kita ketahui rambut-rambut halus tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting.

Rambut-rambut hidung bertugas sebagai filter yang menyaring kotoran-kotoran dan bakteri dari luar yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit, di antaranya flu dan pilek.

Rambut-rambut halus di hidung rontok karena kebiasaan sering ngupil ini akan meningkatkan risiko Anda terserang penyakit flu dan batuk karena bakteri serta kotoran penyebab flu dapat dengan mudah masuk ke tubuh.

Bisul dapat tubuh

Bahaya terlalu sering ngupil selanjutnya adalah bisul yang terjadi di bagian dalam hidung. Perlu Anda ketahui, kalau bagian dalam hidung itu sensitif.

Jika bisul sudah terjadi, ketidaknyamanan pun akan Anda rasakan. Biasanya jerawat atau bisul di dalam hidung ini diseabkan oleh bakteri staphylococcus aureus.

Terjadi mimisan

Membersihkan hidung dari kotoran-kotoran yang menumpuk sah-sah saja, namun lakukanlah secara perlahan yang sampai membuat hidung Anda berdarah atau mimisan.

Biasanya mimisan sering terjadi pada anak-anak. Kebiasaan mengupil terlalu sering dapat membuat pembuluh darah rusak, apalagi dengan kuku yang tajam akan sangat mudah menimbulkan luka di hidung.

Untuk itu, perhatikan si kecil jangan sampai kuku-kukunya yang panjang digunakan untuk mengupil hingga menyebabkan luka dan mimisan.

Kerusakan rongga hidung

Ngupil yang terlalu sering dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan bisa merusak rongga hidung. Peradangan dan pembengkakan jaringan hidung yang terjadi ini disebabkan oleh orang yang ngupil secara kompulsif. Jika dibiarkan, seiring berjalannya waktu keadaan ini bisa membuat lubang menjadi sempit.

Timbulnya infeksi di lubang hidung

Apakah Anda sering mengupil dengan jari? Jika iya, pastikan jari-jari tersebut dalam keadaan bersih. Karena jika tidak, keseringan mengupil dengan tangan yang kotor dan penuh bakteri dapat menyebabkan infeksi di lubang hidung.

Bakteri-bakteri yang mulanya menempel di tangan Anda akan berpindah ke dalam lubang hidung ketika Anda mengupil sehingga menjadin pemicu terjadinya infeksi.

Perforasi septum

Bahayanya terlalu sering ngupil bisa menyebabkan perforasi septum. Perforasi septum adalah kondisi sekat antara lubang hidung sebelah kanan dan kiri terbuka atau terluka.

Hal ini tak hanya disebabkan oleh kebiasaan mengupil yang dilakukan terlalu sering, namun juga ketika Anda tidak sengaja mengorek hidung terlalu dalam. Jika semakin parah, kondisi ini perlu tindakan yang lebih serius yakni operasi.

Nah, itulah beberapa bahaya terlalu sering ngupil. Segeralah ubah kebiasaan yang satu ini jika tidak ingin mengalami beberapa masalah kesehatan tadi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,355FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan