Senin, April 6, 2020

Digemari Banyak Orang, Ini Dia 8 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tidak mengetahui kangkung, selain rasanya yang lezat ternyata sayuran hijau ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kangkung biasanya sering diolah dengan cara di tumis, saus tiram dan masih banyak lagi. Sayuran dengan nama latin Ipomoea aquatica ini mengandung gizi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc, selenium, dan kalsium.

Kangkung juga dapat dengan mudah ditemukan di pasar atau pun tukang sayur keliling. Harganya yang terjangkau, membuat kangkung digemari para ibu untuk dijadikan salah satu menu makanan yang akan disantap bersama keluarga.

Lalu, apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan? Kalau belum tahu, di artikel kali ini Rancah Pos telah menyiapkannya untuk Anda.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kangkung yang baik untuk kesehatan tubuh. Langsung saja mari kita simak, teman-teman.

Mencegah penyakit anemia

Ibu yang sedang hamil sangat rentan kekurangan zat besi dan mengalami anemia. Namun tak perlu khawatir, dengan zat besi dan fosfor yang terdapat dalam kangkung bisa membantu Anda mencegah anemia.

Asupan oksigen dan gizi yang optimal dapat terjaga dengan adanya peran dari zat besi dan fosfor. Dalam memilih kangkung, sebaiknya pilihlah kangkung muda karena mengandung zat besi yang masih cukup tinggi.

Baik untuk mata

Manfaat kangkung dapat mencegah Anda dari penyakit katarak dan penyakit sejenisnya. Hal tersebut karena kangung mengandung lutein dan vitamin A yang bisa mempertahankan penglihatan tetap baik dan sehat.

Mencegah diabetes

Manfaat kangkung bagi kesehatan selanjutnya bisa mencegah diabetes. Apabila dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung, maka ibu dan janinnya bisa terhindar terkena diabetes.

Hal ini karena kandung dapat bekerja sebagai antioksidan yang dapat berguna untuk menangkal oksidasi yang menyebabkan diabetes pada ibu hamil dan janin.

Mengatasi susah tidur

Seseorang yang mengalami masalah susah tidur atau yang biasa disebut insomnia memang sangat membuat mereka tidak nyaman.

Insomnia bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan tertentu dan lain-lain. Seperti yang sudah kita ketahui, kangkung memang dikenal dengan mitos sebagai sayuran yang bisa bikin ngantuk.

Hal tersebut karena kangkung mengandung karbohidrat dan lemak yang dapat menjadi pemicu untuk kita merasakan kantuk.

Dengan mengkonsumsi kangkung, beberapa orang percaya bisa memperbaiki waktu tidur yang sebelumnya selalu tidak teratur.

Menjaga jantung tetap sehat

Pentingnya menjaga organ-organ tubuh tetap sehat harus selalu Anda perhatikan. Karena bisa jadi beberapa kebiasaan, gaya hidup yang salah bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit mematikan.

Kangkung ternyata punya manfaat bagi kesehatan karena mengandung vitamin A dan C yang dapat melindungi tubuh dari penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Mengatasi gangguan pencernaan

Kangkung mengandung serat yang tinggi dan mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit. Tak hanya itu, kangkung juga sering digunakan untuk pengobatan infestasi cacing usus karena memiliki kandungan lateks sebagai agen pencahar.

Mencegah sariawan

Ketika mengalami sariawan memang sangat menyebalkan karena rasa perih dan sakit yang ditimbulkan. Berbagai cara mengatasi sariawan mungkin selalu Anda lakukan agar penyakit tersebut bisa sembuh.

Kalau sudah sembuh, Anda harus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari sariawan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara mencegah sariawan yakni dengan kangkung.

Kangkung mengandung vitamin C yang bisa mencegah sariawan hingga gusi berdarah. Caranya, siapkan daun kangkung yang sudah dibersihkan, lalu kunyah. Selain itu, manfaat kangkung bagi kesehatan ini karena mengandung antiseptik yang dapat membasmi kuman pada gigi dan mulut.

Membuat sistem kekebalan tubuh meningkat

Hal utama yang harus diperhatikan untuk mencegah berbagai penyakit yakni sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Dengan mengkonsumsin kangkung, dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, itu dia beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan. Luar biasa, bukan? Tapi ingat, meskipun memiliki banyak manfaat sebaiknya dikonsumsi secara bijak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,897FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan