Sabtu, Maret 28, 2020

8 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Manfaat baik yang terkandung dalam daun bidara ternyata baik untuk kesehatan tubuh dan bisa mencegah beberapa penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja.

Mempunyai tubuh yang sehat dan terbebas dari segala penyakit dapat membuat kita tetap bugar dan bersemangat dalam menjalani segala aktivitas sehari-sehari.

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur serta mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi.

Dengan memanfaatkan khasiat dari daun bidara untuk kesehatan, kita dapat mencegah bahkan mengatasi beberapa penyakit agar tubuh tetap sehat.

Bidara atau tumbuhan dengan nama latin Ziziphus Mauritiana ini biasanya dapat tumbuh dengan subur di tempat yang kering. Tak hanya daunnya, bidara juga mempunyai buah yang dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit yang parah.

Akan tetapi, tanaman yang punya segudang manfaat ini masih jarang orang ketahui. Bahkan tak sedikit dai mereka yang menyepelakannya karena memang daun bidara terlihat menyerupai tumbuhan semak belukar.

Proses pertumbuhan bidara terbilang cepat. Pohonnya mempunyai banyak cabang dan duri pada setiap kayu. D aun bidara berbentuk elips dan warnanya hijau.

Lalu apa sajakah kegunaan daun bidara untuk kesehatan? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasan mengenai manfaat daun bidara.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat-manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh. Langsung saja, mari kita simak bersama-sama.

Baik bagi sistem pencernaan

Daun bidara dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara merebusnya terlebih dahulu, lalu air tersebut bisa di minum. Selain itu, kita juga mengkonsumsi buahnya atau dengan minum teh daun bidara.

Manfaat daun bidara bisa membantu kita mengeluarkan berbagai racun yang ada dalam pencernaan, sehingga dapat mencegah seseorang mengalami infeksi saluran pencernaan. Tak hanya itu, berbagai risiko gangguan pencernaan juga bisa teratasi.

Menurun kolesterol tinggi

Ketika kolesterol sedang tinggi, disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa memperburuk kondisi tubuh. Salah satu cara mengatasi kolesterol bisa dengan memanfaatkan khasiat yang terkandung dalam daun bidara.

Dengan meminum air rebusan daun bidara, kolesterol jahat dalam darah dapat segera turun. Hal tersebut karena daun bidara memiliki serat yang larut dalam air. Dengan begitu, daun bidara dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya lewat feses.

Menurunkan risiko mengalami penyakit diabetes

Manfaat daun bidara untuk kesehatan selanjutnya bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Kadar gula darah dapat menurun dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin dan teratur.

Selain minum air rebusan daun bidara, bagi Anda penderita diabetes untuk menjaga gula darah tetap stabil, usahakan untuk menjaga pola makan dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula.

Membantu mempercepat proses penyembuhan luka

Daun bidara mengandung senyawa anti inflamasi yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Luka lecet, tergores, luka akibat jatuh dapat segera sembuh dengan memanfaatkan khasiat yang ada dalam daun bidara.

Daun bidara yang bisa digunakan untuk mengobati luka adalah yang sudah kering, dan dihaluskan. Untuk mengaplikasikannya pada luka, Anda cukup mencampurkan daun bidara yang sudah dihaluskan dengan air secukupnya sampai berubah bentuk seperti pasta. Lalu, oleskan pada bagian tubuh yang mengalami luka.

Mengatasi keputihan

Salah satu masalah yang kerap dihadapi wanita adalah keputihan. Keputihan bisa disebabkan karena infeksi jamur, alergi, dan lain sebagainya. Keputihan akan membuat Anda merasa tidak nyaman apalagi jika menimbulkan bau yang tidak sedap.

Dengan manfaat daun bidara untuk kesehatan wanita, Anda bisa mengatasi masalah keputihan. Daun bidara akan menghilangkan jamur yang ada dalam vagina.

Mengatasi depresi

Dengan meminum air rebusan daun bidara dapat membuat kita menjadi rileks dan perasaan tidak tenang pun akan menghilang. Hal tersebut karena daun bidara mengandung khasiat yang bisa menenangkan dan menghilangkan depresi.

Menjaga kesehatan mulut

Kesehatan mulut sangat penting untu dijaga. Perlu Anda ketahui, ada beberapa masalah dalam tubuh yang dimulai dari mulut yang tidak sehat, seperti timbulnya sariawan atau bibir pecah-pecah. Daun bidara mengandung antioksidan yang bisa mengatasi bakteri-bakteri yang berkembang biak di dalam mulut.

Mengobati flu

Daun bidara mengandung antibakteri yang bisa mengatasi berbagai virus dan bakteri, salah satunya bisa mengobati flu. Seperti yang sudah kita ketahui, flu biasanya disebabkan oleh virus yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat daun bidara. Tak hanya flu biasa, daun bidara juga bisa mengatasi flu burung.

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat dari daun bidara untuk kesehatan tubuh? Menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat pula bisa membantu kita terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,947FansSuka
1,767PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan