Senin, April 6, 2020

5 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

Berbagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan mungkin sudah pernah Anda lakukan, tapi ternyata ada cara mudah dan secara alami.

Apa itu kapalan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui kapalan adalah penebalan kulit yang disebabkan oleh tekanan atau terjadinya gesekan berulang-ulang. Bagi Anda yang mempunyai aktivitas padat dan menggunakan secara berlebihan, tak jarang kapalan pun akan terjadi.

Kulit yang mengalami kapalan umumnya terasa sangat kasar dan kering serta tidak menimbulkan rasa sakit. Meski begitu, kapalan atau penebalan kulit pada tangan akan lama hilangnya. Sering kali hal tersebut dikeluhkan oleh pria dan wanita karena mengganggu kenyamanan.

Selain itu, rasa percaya pun akan berkurang karena tangan yang terasa kasar dan kapalan, apalagi ketika bersalaman dengan orang-orang.

Tangan yang mulus memang jadi idaman semua orang, namun apa daya, di luar sana mungkin Anda mempunyai beberapa pekerjaan dan aktivitas yang mengharuskan tangan bekerja secara berlebihan hingga menimbulkan kapalan.

Tak perlu khawatir, jika kapalan sudah terjadi Anda bisa mengatasinya dengan cara yang cepat dan mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kalau tangan mulus, rasa percaya diri pun akan kembali.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

Apa saja sih caranya? Langsung saja, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar kapalan di tangan cepat hilang dan teratasi.

Lidah buaya

Untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan, Anda bisa memanfaatkan lidah buaya. Hal tersebut karena lidah buaya mengandung asam salisilat dan asam aminonya yang dapat melembutkan sel-sel kulit yang begitu keras.

Tak hanya itu, gel lidah buaya juga mempunyai sifat ani inflamasi, antibakteri dan bisa mendinginkan kulit. Caranya, ambil gel lidah buaya lalu oleskan pada tangan yang mengalami kapalan semalaman. Ketika Anda bangun di pagi hari, bersihkan gel tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bisa juga menggosoknya dengan batu apung.

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam yang dapat membantu membuat kulit keras karena kapalan menjadi lembut. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan denga mudah menggunakan suka sari apel adalah dengan mencamburkan cuka dan air dengan perbandingan empat banding satu. Kemudian rendam tangan yang kapalan selama 20 menit.

Setelah sedikit melunak, gosokkan batu apung secara melingkar untuk mengangkat sel-sel kulit kapalan. Usahakan untuk tidak menggosoknya terlalu keras supaya kulit tidak iritasi.

Merendam tangan di air hangat

Sebelum mencoba metode yang lain, Anda bisa merendam tangan dengan menggunakan air hangat sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan dengan cepat. Hal tersebut bahkan disarankan oleh American Academy of Dermatology.

Cara menggunakannya sangat mudah, langkah pertama siapkan wadah berisi air hangat, lalu masukkan tangan ke dalamnya dan direndam selama 5 sampai 10 menit.

Jika sudah, lap tangan Anda dengan menggunakan handuk. Lapisan kulit yang tebal akan berubah jadi lunak, sehingga Anda bisa dengan mudah menyingkirkannya dengan cara digosok perlahan-lahan.

Pakai tea tree oil

Cara menghilangkan kapalan di tangan dengan menggunakan tea tree oil ternyata bisa juga lho, teman-teman. Ya, hal tersebut karena tea tree oil adalah minyak esensial yang memiliki kandungan antijamur, antiseptik dan antibakteri yang alami.

Caranya, siapkan wadah berisi air hangat, lalu teteskan tea tree oil secukupnya. Setelah itu, rendam tangan Anda sampai kulit yang kasar mulai melunak.

Namun sebelum memakainya, perlu Anda ketahui jangan merendam tangan lebih dari 15 menit. Karena kandungan di dalamnya minyak tersebut sangat kuat sehingga bisa merusak lapisan kulit apabila tangan direndam dalam waktu yang lama.

Menggunakan garam epsom

Merendam tangan yang terkena kapalan dalam larutan garam epsom dapat menjadi eksfoliator alami yang dapat membuat sel-sel kulit mati. Caranya, siapkan wadah berisi air hangat lalu masukkan dua sampai tiga sendok makan garam epsom ke dalamnya. Setelah itu, barulah rendam tangan yang mengalami kapalan.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dengan cepat. Namun jika metode tadi tidak berhasil, segeralah periksa ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,894FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan