Selasa, April 7, 2020

4 Pantangan Makanan Untuk Penderita Amandel

Untuk Anda penderita amandel, ada beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi agar radang amandel bisa segera sembuh seperti semula.

Ini mungkin sedikit menyiksa Anda, karena biasanya bisa makan makanan apa saja dengan lahap kini Anda harus bisa memilih mana makanan yang tepat untuk dikonsumsi ketika amandel membengkak.

Amandel bengkak biasanya akan membuat Anda kesulitan ketika menelan makanan karena terasa nyeri bahkan rasa nyeri tersebut bisa terasa sampai ke rahang.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan amandel bengkak, di antaranya karena virus, asam lambung, radang tenggorokan dan lain sebagainya.

Beberapa gejala pun akan timbul, seperti amandel membengkak, sakit kepala, suara serak hingga hilang, nafsu makan tiba-tiba menghilang, nyeri telinga, hingga demam dan menggigil.

Untuk mengatasi amandel ada beberapa cara yang bisa lakukan, namun ketika sudah semakin parah sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

Jika sudah sembuh, disarankan Anda untuk menjaga pola makan dan memilih makanan serta minuman yang tepat agar amandel tidak kembali membengkak.

Sudah tahu apa saja makanan yang sebaiknya tidak dimakan saat amandel membengkak? Jika belum, di artikel kali Rancah Post telah menyiapkannya untuk Anda.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Amandel

Berikut ini beberapa makanan pantangan untuk Anda yang mempunyai penyakit amandel.

Makanan yang teksturnya keras

Ketika amandel membengkak sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi makanan yang teksturnya keras atau mempunyai ujung yang tajam. Kenapa demikian? Ya, karena makanan bertekstur keras atau ujungnya tajam dapat melukai amandel dan kerongkongan.

Jika memaksakan untuk mengkonsumsinya, rasa nyeri yang lebih parah dari sebelumnya dapat Anda rasakan. Makanan bertekstur keras yang sebaiknya dihindari di antaranya seperti roti kering, kue, kacang, makanan yang digoreng garing dan makanan camilan yang teksturnya renyah sebelum amandel benar-benar sembuh.

Makanan berlemak

Sebagian orang memang menyukai jenis-jenis makanan yang mengandung lemak, seperti olahan susu, dahing merah, gorengan dan lain sebagainya. Namun ternyata, bagi Anda penderita amandel ini menjadi pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

Hal tersebut karena makanan-makanan tadi tidak meningkatkan kekebalan tubuh dan sulit dicerna. Apalagi ketika amandel membengkak, tentunya akan sulit menelan makanan-makanan berlemak itu.

Makanan asam

Ketika amandel membengkak, lupakan dulu untuk mengkonsumsi makanan-makanan asam seperti sari buah dengan kadar asam yang tinggi, buah-buahan dan makanan bersifat amsam lainnya. Buah-buahan sitrus, buah kalengan, jus dan saus tomat harus dihindari jika ingin amandel segera pulih.

Selain itu, disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan pengawet buatan, fetsin, dan penyedap rasa lainnya karena bisa membuat kekebalan tubuh menurun yang diakibatkan bahan-bahan kimian yang masuk ke tubuh. Tenggorokan akan semakin sakit dan tubuh cepat merasa lelah.

Minuman

Selain makanan, ada beberapa minuman pantangan diminum oleh penderita amandel. Sebaiknya Anda menghindari minuman yang terlalu panas karena bisa melukai tenggorokan Anda. Selian itu, jus dari buah yang rasanya asam seperti lemon dan jeruk juga harus dihindari. Minum -minuman bersoda dan berkafein pun mesti ditunda terlebih dahulu ketika amandel bengkak.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan untuk dikonsumsi penderita amandel. Jika ingin cepat sembuh, lebih bijaklah dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Ada beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk penderita amandel seperti bubur, bayam, kentang tumbuk, jahe dan madu. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,890FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,269PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan