Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Cara Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Cara mengatasi kesemutan pada tangan dan kaki memang susah-susah gampang ya, teman-teman. Ketika kesemutan mulai menyerang, seseorang umumnya akan mengalami mati rasa sebelum akhirnya sensasi digerayangi semut dan rasa ditusuk jarum mulai terasa.

Tentu kondisi tersebut sangat membuat kita tidak nyaman. Apalagi kalau sedang sibuk menjalani aktivitas sehari-hari, menyebalkan sekali, bukan?

Memegang bagian tubuh yang kesemutan dan ditepuk-tepuk menurut sebagian orang merupakan salah satu cara untuk menghilankan kesemutan pada kaki.

Namun sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan, ada beberapa cara mudah lainnya agar kesemutan dapat segera teratasi.

Biasanya kesemutan terjadi setelah bagian tubuh Anda terlalu lama dalam posisi tertentu, baik sila, melipat kaki dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, masih banyak orang yang berpendaoat bahwa kesemutan terjadi akibat sirkulasi darah yang kurang lancar.

Tapi sebenarnya ada alasan lain mengapa Anda bisa atau sering mengalami kesemutan, di antaranya karena kerusakan saraf, paparan toksin, gejala diabetes, dan infeksi bakteri.

Lalu, apa saja cara untuk mengatasinya? Jika masih belum mengetahuinya, di artikel kali ini kami telah menyiapkannya untuk Anda.

Cara Mengatasi Kesemutan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kesemutan dapat segera teratasi.

Kompres menggunakan air hangat

Ketika kaki atau tangan mengalami kesemutan, Anda bisa mengkompres bagian tersebut dengan menggunakan air hangat. Hal ini disebabkan oleh air hangat yang bisa membantu melancarkan aliran darah dan membuat otot menjadi lebih rileks.

Untuk mengatasi kesemutan, Anda bisa mengkompres bagian kaki atau tangan yang terserang kesemutan selama 5-7 menit.

Kesemutan di bagian tangan

Untuk mengatasi kesemutan di tangan Anda bisa menggunakan cara yang satu ini. Biasanya kesemutan di tangan disebabkan oleh aliran darah yang kurang lancar.

Ini bisa terjadi pada saa Anda sedang tidur dan tidak menyadari kalau tangan terhimpit atau tertindih badan Anda sendiri dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasinya, pertama harus meluruskan tangan Anda secara perlahan, namun jangan juga terlalu dipaksakan.

Selanjutnya, Anda bisa menjentikkan di bagian tangan yang kesemutan dengan menggunakan jempol tangan. Cara ini dapat membantu aliran darah menjadi lancar dan otot rileks.

Istirahat dan memiliki waktu tidur yang cukup

Cara mengatasi kesemutan selanjutnya adalah memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup untuk membantu menyembuhkan saraf, karena tubuh Anda akan melakukan perbaikan alami ketika tidur.

Kesemutan di kaki

Seperti yang sudah kita bahas tadi, penyebab kaki kesemutan biasanya karena Anda duduk bersila atau kaki Anda tertindih dalam waktu yang cukup lama.

Cara mengatasinya sangat mudah, cukup dengan mengganti posisi kaki Anda ketika duduk bersila atau lesehan. Anda bisa sedikit memijatnya secara perlahan agar otot rileks dan aliran darah kembali lancar. Kemudian, jentikan jempol tangan pada bagian kaki yang kesemutan.

Biasanya kesemutan dapat segera teratasi dengan cara tadi. Setelah itu, Anda dapat meregangkan kaki atay meluruskannya dengan perlahan-lahan supaya otot kaki lebih rileks.

Yoga

Selain menyehatkan tubuh, yoga juga membuat Anda terhindar dari kesemutan. Hal ini disebabkan oleh manfaat yoga bisa melancarkan aliran darah, menjadikan otot lebih rileks karena tubuh Adan bisa lebih fleksibel.

Mencukupi asupan magnesium

Cara mengatasi kesemutan selanjutnya adalah mencukupi asupan magnesium. Selain mengkonsumsi suplemen, Anda bisa meningkatkan asupan magnesium melalui beberapa makanan sehat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, whole grain, dan sayuran berdaun hijau.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kesemutan yang bisa Anda coba. Jika cara di atas masih belum berhasil, disarankan segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,394FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan