Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Mudah Ngantuk

Makanan dan Minuman Penyebab Mudah Ngantuk

Tak banyak orang ketahui, sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menjadi penyebab seseorang merasa ngantuk.

Kalau beberapa makanan yang bisa mencegah bahkan menghilangkan kantuk mungkin sudah banyak diketahui orang, tapi ternyata ada juga lho makanan yang bisa menjadi penyebab rasa kantuk itu muncul.

Malamnya sudah tidur dengan cukup, namun ketika siang hari Anda merasakan kantuk yang luar biasa bahkan sulit untuk menahannya.

Coba ingat-ingat lagi, ketika pagi tadi menu sarapan yang Anda makan itu apa saja? Siapa tau ada menu makanan dan minuman yang bisa menyebabkan rasa kantuk itu muncul.

Belum tahu apa saja makanan dan minuman yang bisa menyebab rasa kantuk? Jangan khawatir, di artikel kali ini kami akan menyajikannya untuk Anda.

Makanan Penyebab Ngantuk

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang membuat Anda mengantuk.

Kacang mete

Kacang mete merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Bahkan kacang mete sering dijadikan camilan lezat favorit kaum wanita.

Namun, ternyata kacang mete dapat menjadi penyebab rasa ngantuk muncul. Seperempat sampai satu cangkir gelas kacang mete dapat memberikan hampir 20 persen dari magnesium harian Anda.

Karena memang kekurangan magnesium terkait dengan gangguan tidur dapat membuat seseorang mengalami gelisah. Untuk itu, jika asupan magnesium telah tercukupi seseorang tidak akan lagi gelisah.

Kangkung

Selama ini masyarakat telah mempercayai bahwa kangkung adalah jenis sayuranyang mampu membuat seseorang yang mengonsumsinya menjadi cepat ngantuk.

Meski belum ada penelitian tentang kebenaran mitos tersebut, namun banyak yang menduga jika kangkung mengandung senyawa sedatif.

Selain itu, banyak juga yang mengira adanya zat yang terkandung di dalam kangkung dan menjadi penyebab ngantuk berat karena seseorang akan dibuat lebih tenang. Setelah tenang seseorang dapat cepat merasa mengantuk dan tertidur pulas.

Bayam

Manfaat bayam bagi kesehatan memang sudah diketahui banyak orang. Tapi ternyata, bayam juga bisa menyebabkan rasa kantuk muncul.

Kadar kalsium tinggi yang terkandung dalam bayam dapat menjadi salah cara mengatasi insomnia atau sulit tiudr. Kalisum tersebut memiliki fungsi untuk membantu otak dalam menggunakan trytophan dalam memproduksi melatonin.

Nasi putih

Nasi merupakan makan pokok orang Indonesia. Namun, apabila mengonsumsinya dengan porsi banyak dapat menimbulkan rasa kantuk.

Hal tersebut disebabkan oleh indeks glikemik yang terkandung di dalam nasi putih sehingga ketika memakannya dalam porsi banyak atau terlalu sering dapat menjadi makanan penyebab seseorang lebih mudah ngantuk.

Madu

Madu memiliki manfaat yang sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Akan tetapi, madu itu memiliki kandungan kadar glukosa yang tinggi. Glukosa tersebutlah yang dapat zat orexin dalam tubuh berkurang dan bisa menimbulkan rasa kantuk.

Telur

Sarapan pagi dengan nasi dan telur ceplok memang menjadi favorit kalian, bukan? Tapi ternyata telur dapat membuat Anda lebih mudah mengantuk.

Susu hangat

Makanan dan minuman yang menjadi penyebab seseorang ngantuk selanjutnya adalah susu hangat. Sarapan pagi dengan roti lalu minumnya susu hangat emang enak banget ya, teman-teman.

Susu di sini termasuk pada susu kemasan, produk yang mengandung susu seperti keju dan yogurt. Ternyata produk-porduk tersebut dapat membuat Anda menjadi rileks dan mengurangi stres. Dengan meminum produk yang mengandung susu sebelum tidur, maka tidurmu bakal lebih nyenyak.

Pisang

Vitamin B6 yang terkandung dalam buah pisang dapat mengubah zat triptofan pada tubuh menjadi serotonin yang dapat membuat seseorang lebih rileks dan santai. Setelah Anda merasakan rileks dan santai, rasa kantuk pun dapat datang dengan sangat mudah.

Itulah beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab Anda mudah merasa ngantuk berat. Untuk itu, konsumsilah makanan secara bijak, apalagi jika ingin berpergian mengendarai kendaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan