Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Sederhana Menghilangkan Pestisida Pada Buah dan Sayuran

Cara Sederhana Menghilangkan Pestisida Pada Buah dan Sayuran

Menghilangkan pestisida pada buah dan sayuran dengan cara yang baik dan benar itu sangat penting Anda lakukan, teman-teman. Untuk itu, selalu teliti dan cuci bersih sayuran dan buah-buahan yang akan Anda dan keluarga konsumsi.

Kenapa demikian? Seperti yang sudah kita ketahui, pestisida sering digunakan para petani untuk mengurangi kerusakan pada tanaman dari tikus, gulma, kuman bahkan serangga.

Meski dapat bermanfaat pagi para petani dan bisa meningkatkan hasil panen, pestisida ternyata dapat berbahaya bagi hewan dan manusia.

Karena memang, pestisida ini berfungsi untuk membunuh atau membahayakan organisme hidup. Residu dari persitida pada makanan dapat menimbulkan dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Apabila tertelan, sisa pestisida ini dapat mengendap di alam tubuh dan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seperti, penyakit parkinson, kanker, risiko pubertas dini, gangguan kehamilan dan perkembangan janin, sampai gangguan reproduksi.

Agar bisa terbebas dari pestisida, Anda harus mengetahui cara-cara membersihkan pestisida pada buah dan sayuran dengan baik dan benar.

Cara Menghilangkan Pestisida Pada Buah dan Sayuran

Berikut ini beberapa cara menghilangkan pestisida pada sayur dan buah.

Air garam

Ternyata membersihkan buah dan sayuran dari sisa pestisida yang tertinggal bisa dengan menggunakan air garam. Cara sederhana ini tentu dapat dengan mudah Anda lakukan sendiri di rumah.

Caranya dengan merendam buah dan sayur di dalam air yang sudah dilarutkan dengan garam. Dengan demikian, dapat menghilangkan kotoran, bahan-bahan kimia serta pestisida yang menempel. Selain itu, garam juga bisa mencegah bakteri untuk berkembang biak.

Air kunyit

Menggunakan air kunyit sebagai metode pembersihan pestisida ternyata merupakan cara India kuno. Air kunyit dipercaya dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang tertinggal.

Cara menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah dengan air kunyit sangat mudah, cukup melarutkan satu sendok teh kunyit bubuk, lalu rendam sayuran atau buah-buahan di dalamnya.

Blanching

Cara ini dapat membantu menghancurkan enzim pada sayur dan merubah tekstur sayur serta dapat memperkuat warnanya. Blanching sendiri dilakukan dengan cara mencelupkan sayuran ke dalam air mendidih atau air panas selama beberapa saat dan kemudian memasukannya ke dalam wadah berisi air dingin.

Baking soda

Menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah dengan cara menggunakan baking soda ternyata bisa dan sangat mudah untuk dilakukan.

Caranya, cukup dengan menambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalam wadah berisi 1/2 liter air hangat. Kemudian, mulailah mencuci sayur dan buah sambil menggosok-gosoknya, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Air lemon

Manfaat dari buah lemon ternyata bisa membantu Anda untuk membersihkan bakteri serta kuman yang menempel pada buah dan sayur yang hendak dikonsumsi.

Mencampurkan 2 sendok makan air lemon dengan 1/2 liter air hangat merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Setelah itu gosok sayuran dan buah-buahan hingga bersih, kemudian bilas dengan air dan tiriskan.

Larutan cuka

Cara menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah menggunakan larutan cuka bisa membantu menyingkirkan bakteri, memecah lapisan lilin, serta melunturkan pestisida yang tertinggal.

Caranya sangat mudah, cukup merendam buah-buahan dan sayuran ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan cuka beberapa saat sekitar 10-20 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Kupas kulit buah

Khusus untuk buah yang memiliki kulit tebal seperti pir, dan apel, Anda bisa membersihkan pestisida dengan cara mengupas kulitnya.

Namun, sebelum mengupasnya terlebih dahulu harus dibersihkan kulit buahnya agar bakteri dan pestisida tidak berpindah melalui tangan Anda.

Nah, itu tadi sahabat sehat, beberapa cara menghilangkan pestisida pada buah dan sayuran agar tetap higienis. Hal ini akan membantu Anda tehindar dari masalah kesehatan yang diakibatkan kurang bersih saat mencuci buah dan sayur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan